Guru Besar Kimia Untan Sebut VCO Alternatif Tangkal Corona

Guru Besar Kimia Untan, Prof Thamrin Usman.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Para ilmuan terus berupaya mencari obat anti Corona. Guru Besar Kimia Universitas Tanjungpura, Prof Thamrin Usman pun tak ketinggalan.

Mantan Rektor Untan itu, memunculkan minyak kelapa atau Virgin Coconut Oil (VCO) untuk menambah imunitas tubuh menangkal Covid-19. Bahkan kata dia, ada beberapa pasien Covid-19 sembuh karena rutin mengkonsumsi VCO.

Bacaan Lainnya

“Sudah banyak testimoni pasien Covid-19 yang sembuh,” katanya kepada insidepontianak.com, Selasa (14/4/2020).

Dia menjelaskan, pembuatan VCO berbahan dasar kelapa. Kelapa yang sudah dibersihkan lalu diparut. Setelah itu dicampur air secukupnya. Lalu diperas menjadi santan dan didiamkan sekitar dua jam.

Setelah didiamkan, air dipisah dari santan kental. Pemisahan air bisa dilakukan dengan sedotan pipa. Setelahnya, santan kental diaduk. Bisa menggunakan mixer.

Usai diaduk, santan lalu didiamkan kembali selama 12 jam. Sesudah didiamkan, santan tersebut akan membentuk tiga lapisan.

Lapisan bertama adalah blendok, lapisan kedua VCO, dan lapisan ketiga air. Setelah itu jadi, maka VCO bisa dipisahkan. VCO memiliki ciri berupa minyak yang berwarna kuning muda.

VCO dapat disaring menggunakan saringan dari kertas tisu dan kapas. Sehingga diperoleh VCO yang bening, jernih, dan siap konsumsi.

“Dia (VCO) minyak kelapa yang diproses dengan cara dingin. Artinya dari santan, tidak dimasak. Tetapi diperam atau diragi atau difermentasi,” jelasnya.

Cara penggunaannya untuk menambah imunitas tubuh, VCO bisa dikonsumsi dengan takaran tertentu.

“Minimal satu sendok makan tiga kali sehari,” jelasnya.

VCO tersebut diklaim mengandung senyawa aktif asam laurat dan minolaurin sebagai derivatnya yang memiliki aktivitas antivirus. Dengan cara, menyebabkan disintegrasi terhadap membran virus. Kemudian, menghambat tahap pematangan terakhir dalam siklus replika virus, dan mencegah penyatuan protein virus, ke sel membran induk.

Karena itu, VCO dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan asam lemak omega-3, juga dapat membantu memperbaiki metabolisme atau pencernaan. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *