Himpenindo Kalbar Berikan Bantuan APD dan Suplemen Kepada Tenaga Medis

BERIKAN - Himpenindo Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan beberapa suplemen kepada tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso, Jumat (17/4/2020) pagi. (ANDI/insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sebanyak 64 peneliti yang tergabung dalam Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan beberapa suplemen kepada tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso, Jumat (17/4/2020) pagi. Bantuan ini, sebagai bentuk dukungan kepada tim medis yang berjuang sebagai garda terdepan menangani pasien Covid-19.

Sekretaris Himpenindo Kalbar, Edy Agustinus mengatakan gerakan ini muncul karena memperhatikan dampak Covid-19 sudah luar biasa di berbagai sektor, sehingga harus ditangani dengan serius dan memerlukan energi yang luar biasa. Terutama dari tenaga kesehatan yang berperan sebagai garda terdepan.

Bacaan Lainnya

“Oleh sebab itu hari ini kami hadir untuk memberikan dukungan kepada tenaga kesehatan terutama di RSUD Soedarso Pontianak ini,” katanya, Jumat (17/4/2020).

APD dan beberapa suplemen tersebut adalah dukungan dari peneliti Himpenindo yang berasal dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalbar, Balai Bahasa Kalbar, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kalbar, Balai Standarisasi Industri
(BARISTAND) Pontianak, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalbar, Universitas Tanjungpura, serta Universitas Panca Bhakti (UPB).

“Sebelumnya kita urunan, kita kumpulkan uang dan kita belikan beberapa barang. Hari ini kita serahkan ke RSUD Sudarso,” ungkapnya.

Adapun bantuan tersebut, terdiri dari 10 pasang sepatu boots, lima boks bexicom 100, 10 kodi masker, lima kardus pocary sweat, lima pack geri malkis, enam kotak beng-beng, tiga kotak energen, tiga kotak biskuit potato, delapan kardus MM Pulpy, enam kardus air mineral, serta 15 pack tisu.

Dia berharap seluruh komponen masyarakat mendukung petugas kesehatan untuk melaksanakan tugasnya. Selain itu, masyarakat diharap senantiasa patuh pada kebijakan pemerintah agar pandemi Covid-19 segera berlalu, dan  masyarakat, pemerintah, pengusaha, serta seluruh komponen lainnya dapat kembali beraktivitas normal.

Sementara itu, Kabid Pengendalian Penyakit RSUD Soedarso, Diah Kusuma Wardani mengapresiasi kepedulian Himpenindo yang telah memberikan APD. RSUD Soedarso memang merupakan  salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kalbar.

“APD ini sangat dibutuhkan oleh kami, apalagi saat ini sangat sulit didapatkan. Per hari kita bisa menghabiskan 100 lebih APD lengkap, sementara pasien-pasien tersebut semakin hari semakin bertambah, meskipun tidak banyak bertambahnya,” ungkapnya.

Dia berharap, dukungan seperti ini akan terus berlanjut mengingat pada bulan Mei diperkirakan menjadi puncak pandemi Covid-19.

“Oleh karena itu kami terus menampung sumbangan dari berbagai pihak agar persediaan kita cukup untuk menghadapi situasi tersebut,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *