Jarot Umumkan PDP Pertama Warga Sintang, Hasil Rapid Test Reaktif

Bupati Sintang, Jarot Winarno saat mengumumkan PDP pertama warga Sintang, Sabtu (18/4/2020). (Ist)

SINTANG, insidepontianak.com – Bupati Sintang, Jarot Winarno kembali mengumumkan satu pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang kini diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade Mohammad Djoen Sintang.

Pasien tersebut adalah pria 62 tahun, warga Kabupaten Sintang yang dirawat sejak Jumat, 17 April 2020 dengan keluhan sesak nafas selama tiga hari, batuk serta pilek. Selanjutnya, dilakukanlah penaganan medis dan tes cepat atau rapid test.

Bacaan Lainnya

“Hasilnya reaktif atau sama dengan positif, dan kita isolasi,” katanya, Sabtu (18/4/2020).

Dinkes pun juga melakukan contact tracing (pelacakan) kepada pasien yang diberi nomor 04. Hasilnya, ia memiliki riwayat kunjungan dari sang anak di Pontianak.

“Dari contact tracing yang bersangkutan memiliki riwayat kunjungan dari sang anak dari Pontianak tanggal 16 Maret hingga 3 April lalu,” terangnya.

Dengan temuan tersebut, Dinas Kesehatan lantas memeriksa keluarga pasien salah satunya sang anak, pria 30 tahun yang tinggal satu rumah.

“Hasil pemeriksaan rapid test hasilnya pun reaktif, dan dikategorikan orang tanpa gejala (OTG),” paparnya.

Saat ini pasien tersebut juga sudah dilakukan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan ketat.

Djarot menegaskan, meski hasil rapid test menunjukan reaktif namun belum tentu positif Corona dan masih dibutuhkan pemeriksaan swab dengan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Kita doakan hasil swab tenggorokannya negatif. Rapid test ini digunakan untuk penanganan awal tetapi efektivitas 60-70 persen dan memerlukan tes pemeriksaan PCR,” paparnya.

Untuk anak pasien yang dari Pontianak, Jarot menyebut sudah dicek dan tanpa gejala. Namun Pemkab Sintang telah berkoordinasi dengan Dinkes Kota Pontianak untuk dilakukan contact tracing termasuk pemeriksaan rapid test yang akan dilakukan pagi ini. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *