Pemkab Kubu Raya Kembali Bagikan Lima Ribu Masker

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di lokasi pembagian masker, Kecamatan Sungai Kakap.(Prokopim Kubu Raya)
banner 468x60

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kembali membagikan sebanyak lima ribu masker kain untuk masyarakat Kubu Raya di sejumlah titik di wilayah Kecamatan Sungai Kakap, Minggu (3/5/2020).

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pembagian masker kepada masyarakat dilakukan menindaklanjuti seruan pemerintah akan kewajiban memakai masker. Hal itu guna menghindari penyebaran wabah Covid-19 atau virus corona.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah bagian dari upaya untuk memastikan bahwa setiap orang mempunyai masker,” ujarnya seusai menyaksikan pembagian masker di Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap.

Muda menuturkan, seiring adanya kewajiban memakai masker, maka pemerintah kabupaten merasa bertanggung jawab untuk memastikan semua warga memiliki masker. Menurut dia, pembagian masker kain sangat strategis dalam upaya membantu setiap warga memiliki masker pribadi. Sebab masker kain dapat dipakai berulang kali setelah dibersihkan. Berbeda dengan masker medis yang pemakaiannya terbatas.

“Sekarang kan instruksinya masker itu wajib untuk memutus mata rantai dan mencegah penyebaran. Dan otomatis kalau kita mewajibkan masyarakat, tentu tidak bijak jika masker kain tersebut tidak disediakan juga,” ucapnya.

Muda menerangkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berupaya membangun pemahaman bahwa saat ini masker telah menjadi bagian dari cara berbusana. Slogan “maskerku pakaianku” kini giat digaungkan. Menunjukkan bahwa masker telah melekat dengan pakaian sehari-hari. Lebih jauh masker bahkan telah menjadi identitas yang dibawa.

“Karena masker kain mudah dicuci sehingga diharapkan nantinya sudah tidak ada alasan. Diharapkan masker nantinya menjadi kebiasaan karena sudah seperti pakaian yang mana setiap orang sudah punya. Inilah kebijakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan akan terus kita proses dan produksi sampai kita harapkan semua masyarakat Kubu Raya punya masker pribadi,” tuturnya.

Muda berharap kegiatan pembagian masker menggugah kesadaran masyarakat akan perlunya setiap orang mempunyai masker pribadi. Karena itu, pemerintah kabupaten secara simultan terus membagikan masker di setiap kecamatan secara bertahap.

“Kemarin di Kecamatan Sungai Raya. Sekarang di Sungai Kakap. Nah, ini sebetulnya ingin memberitahu masyarakat bahwa masker ini sudah menjadi sesuatu yang memang sangat disarankan. Karena kita menghindari adanya penyebaran wabah. Nanti akan ada lagi pembagian di kecamatan-kecamatan lainnya,” terangnya.

Ia menambahkan, nantinya kebijakan pemakaian masker kain akan menyentuh pada seragam anak sekolah. “Nanti ke depan akan kita jadikan (masker) ini melekat pada pakaian anak-anak sekolah juga,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan, hingga kini jumlah masker kain yang diproduksi konveksi dan penjahit mandiri di Kubu Raya telah mencapai sekitar 70 ribu masker. Masker-masker tersebut kemudian dibeli pemerintah kabupaten untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat dan pihak-pihak lain yang membutuhkan.

“Pembagian di Kecamatan Sungai Kakap kali ini sebanyak lima ribu masker. Ini adalah masker kain yang dijahit oleh ibu-ibu dan remaja-remaja putri di kampung-kampung kita yang selama ini telah kita bina,” jelasnya.

Yusran mengungkapkan, pengadaaan masker kain di antaranya dibiayai dengan dana yang berasal dari partisipasi ASN Kubu Raya melalui pemotongan tambahan penghasilan PNS daerah (TPP).

Ia menambahkan, sebagian dari dana tersebut juga akan digunakan untuk pengadaan bantuan bahakan makanan pokok (sembako).

“Alhamdulillah sampai dengan saat ini di Kubu Raya sudah sekitar 70 ribu masker yang dihasilkan. Di antaranya termasuk yang hari ini, di mana juga bagian dari kontribusi para ASN yang mengumpulkan dana dari TPP-nya. Rencananya di samping untuk masker, nanti juga sebagian ada untuk sembako yang akan diatur distribusinya kemudian,” katanya.

Yusran berharap kegiatan pembagian masker sekaligus menjadi momen edukasi kepada masyarakat akan pentingnya memakai masker di tengah kondisi pandemi. Menurut dia, masyarakat perlu dipersuasi sehingga mau mengenakan masker dengan kesadaran sendiri.

“Kita sampaikan secara persuasif, menyadarkan masyarakat akan kewajiban memakai masker ini. Jadi dengan cara persuasif diharapkan tumbuh kesadaran warga akan wajibnya memakai masker. Dan bupati sangat concern terkait hal ini demi menjaga masyarakat Kubu Raya dari wabah virus corona,” sebutnya.

Camat Sungai Kakap Rusdety berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang telah mendistribusikan masker kain untuk warganya. Dirinya berharap pembagian masker dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memakai masker.

“Mudah-mudahan berikutnya ada lagi lembaga-lembaga lain yang punya kemampuan dan kesempatan untuk berbagi masker khususnya di Sungai Kakap ini. Kami ucapkan banyak terima kasih karena ini sangat bermanfaat sekali terutama pada kondisi wabah saat ini,” ucapnya.(ril/jek)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *