Persentase Kelulusan SMA dan SMK se-Kalbar 99 Persen

Ilustrasi. (net)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Persentase kelulusan siswa SMK dan SMA di Kalimantan Barat mencapai 99 persen. Kelulusan tersebut diumumkan serentak pada Sabtu, 2 Mei secara daring.

Rinciannya, untuk SMK di 223 sekolah dengan total jumlah peserta ujian sebanyak 20.949 siswa. Dengan persentase 99,39 persen atau ada sekitar  128 siswa SMK se Kalbar yang dinyatakan tidak lulus.

Bacaan Lainnya

“Sedangkan yang lulus mencapai 20.821 siswa,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Suprianus Herman, Selasa (5/5/2020).

Sedangkan persentase kululusan siswa SMA se-Kalbar yang tersebar di 423 sekolah dengan jumlah peserta ujian sebanyak 39.330 mencapai 99,72 persen.

Atau, ada sekitar 109 siswa SMA se-Kalbar yang dinyatakan tidak lulus, dan 39.221 siswa yang dinyatakan lulus. Sementara persentase kelulusan  siswa SLB se-Kalbar di 21 sekolah dengan julmah peserta ujian sebanyak 32 siswa dinyatakan lulus seratus persen.

Bagi siswa SMA/SMK yang belum lulus, dipersilahkan memilih apakah mau mengulang kembali, atau mengikuti program paket C, untuk melanjutlkan jenjang pendidikan selanjutnya.

“Semua diserahkan kepada siswa yang bersangkutan,”ucapnya.

Suprianus memastikan, seluruh sekolah SMA/SMK se Kalbar, telah melaksanakan peroses penilaian yang baik terkait dengan penentuan kelulusan siswa, walau ujian nasional berbasis komputer dihapuskan untuk seluruh sekolah SMA/SMK akibat pandemi Covid-19.

“Kami yakini bahwa, sekolah telah mengantarkan siswa menjadi pribadi yang santun, kreatif dan mandiri,” ujarnya.

Selama ini pun menurut Suprianus  siswa telah ditempa menjadi generasi yang optimis. Yang selalu melihat peluang dalam setiap kesulitan yang ada, dan dapat memaksimalkan kesempatan di tengah keterbatasan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 ini. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *