Kadishub Kalbar: Transportasi Udara yang Dibuka Hanya Penerbangan Khusus

banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, Manto Saidi menjelaskan kebijakan operasional penerbangan yang akan dioperasikan kembali oleh Kemenhub per 7 Mei 2020, hanya untuk penerbangan khusus.

“Itu untuk penerbangan khusus yang dikecualikan dalam Permenhub Nomor 25 Tahun 2020,” katanya, Rabu (6/5/2020).

Bacaan Lainnya

Yang dimaksud dikecualikan berdasarkan Permenhub tersebut antara lain, penerbangan untuk pejabat negara, lembaga asing atau diplomat, pebisnis, dan WNI repatriasi.

“Tapi persyaratannya cukup berat,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengataka akan melonggarkan transportasi di tengah pandemi virus Corona mulai besok, 7 Mei 2020. Relaksasi transportasi ini merupakan turunan dari Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Kebijakan itu dimungkinkan untuk semua moda angkutan udara, kereta api, laut dan bus kembali beroperasi. Namun dengan catatan, harus pakai protokol kesehatan.

Menurut Budi Karya, keputusan tersebut diambil agar perekonomian nasional tetap berjalan dan bisa memberi akses untuk anggota DPR bisa tetap bekerja menyerap aspirasi ke konstituennya di Dapil masing-masing.

“Jadi rekan DPR boleh kembali ke daerah pemilihan. Tetapi untuk bekerja. Bukan untuk mudik. Kami pun boleh untuk tugas negara. Jika untuk tugas berhak melakukan movement,” katanya.

Sedangkan untuk transportasi penerbangan angkutan logistik menurut Budi memang tidak ada larangan. Tetapi crew atau petugas tidak boleh turun. Hanya barang yang di perkenankan turun.

Sebagai mana diketahui, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 telah dikeluarkan pemerintah beberapa waktu lalu. Tujuannya untuk mengatur pengendalian transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian untuk mudik di tengah pandemi virus Corona.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *