Ferdian Paleka Pelaku Prank Sampah Ditangkap, ‘Tapi Boong’ Ramai di Medsos

Tangkapan layar dari akun Lambe Turah.

BANDUNG, insidepontianak.com – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung berhasil menangkap Youtuber pelaku candaan alias prank bantuan sosial berisi sampah, Ferdian Paleka di Jalan Tol Jakarta-Merak pada Jumat (8/5/2020) pukul 01.00 WIB dini hari. Di media sosial terutama Twitter, cuitan dengan tagar #ferdianpaleka dan ‘tapi boong’ ramai dibicarakan. Tagar pertama hingga pukul 12.22 WIB, mencapai 24,9 ribu twit, sedang ‘tapi boong’ sebanyak 21,4 ribu twit.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri mengatakan selain Ferdian, rekannya yang berinisial A juga turut diamankan oleh pihak kepolisian.

“Untuk info awal, bahwa para tersangka kasus prank sudah diamankan semua,” kata Galih sebagaimana dikutip dari Antara.

Selain tiga pelaku yang terlibat, kepolisian juga mengamankan salah seorang lainnya yang berinisial J. Galih menyebut, J diduga merupakan kerabat dari Ferdian yang turut diamankan saat penangkapan.

‘Tim Satreskrim Polrestabes Bandung dan Tim Jatanras Polda Jawa Barat berhasil mengamankan tiga orang yaitu Ferdian alias F, Aidil alias A dan Jamaludin Alias J,” ungkap Galih.

Kini para tersangka tersebut sementara dibawa ke Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat untuk diamankan dan dilakukan pemeriksaan.

Sebelumnya, kabar penangkapan Ferdian Paleka sempat ramai di media sosial. Ferdian nampak mengenakan baju berwarna abu, diamankan di tengah jalan tol oleh kepolisian. Kemudian ada video Ferdian lainnya yang menunjukkan dirinya tengah jongkok di sebuah ruangan usai penangkapan. Dalam video itu juga terdengar seseorang berkata Ferdian akan segera dibebaskan, namun suara itu pun kembali menyambung ucapannya, “tapi boong”.

Sebelumnya, Ferdian memang sempat mengaku di akun Instagramnya akan menyerahkan diri ke polisi usai melakukan candaan dengan memberikan sekotak bantuan ke transgender yang berisikan sampah. Namun sama seperti suara yang terekam dalam video dia mendekam di kantor polisi, dia juga menyebutkan, “tapi boong.”

Aksi Youtuber ini dikecam banyak pihak karena menipu transgender dengan memberi bantuan yang berisi sampah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *