Penerbangan Bandara Supadio Kembali Buka, Kadishub: Hanya Exemption Flight dengan Syarat Ketat

PERIKSA - Petugas kesehatan KKP Bandara Internasional Supadio memeriksa penumpang penerbangan dari Malaysia, Rabu (29/1/2020). (ABDUL/insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Operasional layanan transportasi penerbangan di Bandara Supadio Internasional Kubu Raya dibuka kembali. Namun hanya untuk penerbangan operasional khusus.

“Iya. Untuk exemption flight (tujuan utama operasional perizinan khusus) dengan persyaratan yang ketat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kalbar, Manto Saidi, kepada insidepontianak.com melalui pesan WhatsApp, Minggu (10/5/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Manto, layanan penerbangan khusus exemption fligh dibuka mengacu pada Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020, tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kita ikut aturan ini,” katanya.

Sedangkan untuk layanan penerbangan orang mudik tetap dilarang. Yang boleh hanya penumpang dengan pengecualian dan harus menunjukkan syarat khusus yang telah ditentukan.

“Untuk mudik tetap dilarang,” tegasnya.

Manto memastikan ada tambahan pengetatan pemeriksaan setiap penumpang di bandara. Jika ada yang melanggar ketentuan, maka ada dua opsi sanksi yang bisa diberikan.

“Satu dikarantina di fasilitas Pemprov Kalbar selama 28 hari, atau kedua, dipulangkan hari itu juga dangan pesawat yang sama,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *