Kerja Dinkes Tangani Covid-19, Terhambat Lamanya Hasil PCR Keluar

TINJAU - Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono (kanan) dan Kadinkes Pontianak, Sidiq Handanu (kiri) saat meninjau rumah karantina Covid-19 Pontianak di Rusunawa Nipah Kuning beberapa waktu lalu. (PROKOPIM PONTIANAK)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan, penambahan kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Pontianak beberapa hari terakhir, merupakan kasus lama, yang baru keluar hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR). Lamanya hasil keluar, sedikit banyak menghambat kerja Dinas Kesehatan daerah.

“Dari awal sudah saya sampaikan kita mengalami masalah keterlambatan pemeriksaan hasil PCR. Apa yang dilaporkan hari ini, belum tentu kasus baru, ada beberapa kasus yang lama dua tiga minggu lalu,” katanya Senin, (11/5/2020).

Bacaan Lainnya

Handanu mengatakan, berapa kasus telah berhasil ditangkap Dinkes dan sebelumnya juga telah prediksi.

Hingga kini, tercatat ada 68 kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Pontianak. Jumlah ini berpeluang bertambah karena lebih dari 300 hasil rapid tes reaktif dan hasil swab Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di rumah sakit belum keluar.

“Apa yang dilaporkan hari ini dengan catatan, masih banyak pemeriksaan yang belum selesai dilaksanakan di Jakarta, dan tugas Dinas Kesehatan menelusuri kembali kapan dia terkena dan terinfeksi virus itu,” ungkapnya.

Dirinya bersyukur jumlah PDP yang masuk di Rumah Sakit di Kota Pontianak tidak mengalami lonjakan tinggi. Itu tidak semua diakuinya tidak lepas dari upaya yang telah dilakukan, mulai dari pembatasan gerak yang dilakukan Polri dan pendisiplinan diri penggunaan masker yang harus terus dipertahankan.

“Apabila upaya yang kita lakukan dikendorkan lagi, kasusnya bisa dengan cepat lagi,” jelasnya.

Dia pun meminta masyarakat tetap bersabar dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam penanggulangan Covid-19.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *