Pandemi, Tidak Ada Festival Meriam Karbit Tahun Ini

Meriam Karbit
MERIAM KARBIT - Warga di sepanjang Sungai Kapuas di Pontianak, mengikuti festival meriam karbit dalam rangka menyambut malam Lebaran, Selasa (4/6/2019) malam. (Foto Insipepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemerintah Kota Pontianak meniadakan festival meriam karbit pada tahun ini lantaran pandemi Covid-19 masih berlangsung. Biasanya, tradisi itu dilangsungkan setiap malam jelang Idulfitri. Jika dipaksakan, festival akan mengumpulkan massa dan bisa jadi arena penularan Corona.

“Tahun ini dengan pertimbangan Covid-19 festival meriam karbit tidak kita laksanakan,” ucap Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Senin (11/5/2020).

Bacaan Lainnya

Bila ditarik ke belakang, tidak hanya tradisi festival meriam karbit yang ditiadakan. Sebelumnya festival kulminasi matahari juga urung digelar. Pasalnya, penyebaran Covid-19 di Pontianak kian parah. Wilayah kota pun sudah masuk penularan antarwarga atau transmisi lokal.

Saat ini, semua pihak tengah berusaha memerangi Covid-19 dan menerapkan pembatasan fisik. Sehingga diharapkan masyarakat juga tidak memainkan meriam karbit pada malam menjelang Idulfitri. Sebab tidak ada yang bisa menjamin, ketika dimainkan, masyarakat tak berbondong menyaksikan.

“Saya juga cukup bersedih, biasa tiap malam lebaran mendengar meriam sampai Subuh, itu dari kecil ternyata lebaran ini kita tidak mendengarnya,” katanya.

Tak hanya suara meriam, pelaksanaan salat tarawih juga hanya dilaksanakan dirumah. Kebiasaan suka cita Ramadan dan Idulfitri tidak dirasakan pada tahun ini, gara-gara pandemi.

Di sisi lain, meriam karbit memerlukan biaya yang cukup besar. Mulai dari merakit kembali meriam, membeli karbit dan kebutuhan lainnya. Edi Kamtono juga meminta kelompok meriam karbit untuk bisa mendukung suasana keprihatinan pandemi Covid-19.

“Daripada menghabiskan biaya untuk meriam, mendingan untuk kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pontianak, Syahdan mengatakan festival meriam karbit rencananya dialihkan pada event ulang tahun Kota Pontianak, Oktober mendatang.

“Sekarang festival meriam karbit memang tidak bisa dilakukan. Karena memang kondisi saat ini semua pihak tengah berupaya perang melawan Corona,” katanya.

Biasanya, setiap tahun kelompok meriam karbit akan mendatangi Pemerintah Kota Pontianak. Jika memang kelompok tersebut datang maka akan diberikan penjelasan.

“Ketua kelompok meriam karbit belum ada mendatangi kita, mungkin mereka paham situasi sekarang,” katanya.

Meski demikian, dia mengungkapkan Disdikbud Kota Pontianak telah membuat surat edaran ke komunitas meriam karbit, camat, dan kelurahan. Surat edaran tersebut menegaskan bahwa kegiatan festival meriam karbit pada tahun ini ditiadakan.

“Sehingga jika ada yang meminta sumbangan diminta untuk tidak dilayani,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *