Karoline Ajak Gerak Bersama Sukseskan Percepatan Tanam Padi dan Jagung

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa.
banner 468x60

LANDAK, insidepontianak.com – Bupati Landak, Karoline Margret Natasa mengajak semua pihak menyukseskan ‘Gerakan Percepatan Tanam Padi dan Jagung’ di Kabupaten Landak.
Langkah tersebut, guna menjamin ketersediaan pangan di masa pandemi Covid-19, sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia, maupun mengantisipasi terjadinya krisis pangan akibat kemarau panjang sesuai rekomendasi BMKG.

“Sebagai langkah konkret telah dilakukan Gerakan Percepatan Tanam Padi dan Jagung serentak seluruh Indonesia oleh Kementerian Pertanian RI yang diikuti 77 kabupaten dan 21 provinsi tanggal 12 Mei 2020, sehingga perlu didukung segenap jajaran terkait,” tulis Surat Edaran Bupati Landak Nomor 501/229/DPPKP/IV/2020 yang ditujukan untuk seluruh Forkopimda di Kabupaten Landak.

Bacaan Lainnya

Adapun intruksi dalam surat Bupati yang bersifat penting itu, pertama, gerakan percepatan tanam padi atau jagung agar dilaksanakan hingga tingkat desa dengan menggerakkan tenaga penyuluh dan petugas lapangan lainnya, dibantu para Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Mengajak petani melakukan tanam padi/jagung pada lahan yang tidak termanfaatkan di areal replanting tanaman kelapa sawit,” tulis point dua dalam surat edaran yang dikeluarkan pada 19 Mei 2020.

Ketiga, memastikan kesiapan lumbung pangan hingga ditingkat petani, sehingga cadangan beras di tingkat petani selalu tersedia.

Keempat, dia meminta komitmen bersama dari segenap jajaran terkait di daerah untuk terus saling berkoordinasi dan tetap fokus pada upaya peningkatan produksi pangan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *