Banjir Satu Meter Rendam Dusun Sabung Setangga Sambas, Warga Mengungsi di Kandang Ayam

TERENDAM - Seorang warga mendorong motornya di jalan poros Dusun Sabung Setangga, Trans SP Satu, Desa Sabung, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas yang terendam banjir, Kamis (28/5/2020).

SAMBAS, insidepontianak.com – Puluhan rumah warga di Dusun Sabung Setangga, Trans SP Satu, Desa Sabung, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas direndam banjir hingga setinggi satu meter.

Ketua BPD Desa Sabung, Jonson menyebutkan, setidaknya 66 rumah warga yang terdampak bajir akibat hujan deras yang terjadi Rabu hingga Kamis (28/5/2020) dini hari.

Bacaan Lainnya

“Banjir mulai terjadi sekitar jam satu subuh,” katanya.

Banjir setinggi satu meter tersebut tak hanya merendam puluhan rumah warga. Namun, genangan air yang terus meningkat itu, juga memutus jalan poros desa sebagai akses utama warga beraktivitas.

“Banjir ini bisa lima sampai enam hari baru surut. Itupun kalau tidak ada hujan lebat,” ucapnya.

Pemukiman di wilayah Desa Sabung Dusun Sabung Setangga memang langganan banjir. Setiap hujan deras terjadi, air dengan cepat menggenang. Namun banjir kali ini diperkirakan yang terparah dari sebelum-sebelumnya.

“Banjir kali ini cukup besar dan telah menggenangi kurang lebih 66 rumah dan jalan poros sendiri tenggelam kurang lebih satu meter setengah,” katanya.

Akibatnya, aktivitas warga prakatis lumpuh. Warga yang rumahnya tenggelam terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Ada pula warga yang terpaksa mengungsi di kandang ayam.

Warga yang terkena banjir, berharap bantuan sembako dari pemerintah daerah setempat segera datang. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *