732 Personel Kodam XII Tanjungpura Bertugas Disiplinkan Masyarakat di New Normal

Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji. (Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kodam XII Tanjungpura menyiapkan 732 personel gugus tugas pendisiplinan masyarakat di wilayah Pontianak dan Kubu Raya, jika kebijakan new normal diambil pemerintah.

“Untuk di Pontianak dan Kubu Raya sendiri kita sudah siapkan sebanyak 732 personel yang tergabung dalam satuan gugus tugas pendisiplinan masyarakat bersama unsur-unsur dari Polda,” kata Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad usai menghadiri Rapat Persiapan Penerapan New Normal dan Evaluasi Penanganan Covid-19 di Kalbar, yang dipimpin Gubernur Kalbar Sutarmidji, dan dihadiri jajaran Forkopimda, Jumat (29/5/2020).

Bacaan Lainnya

Selain dua wilayah tersebut, Kodam juga mempersiapkan personel untuk wilayah lain di Kalbar, jika langkah new normal diambil.

“Sudah diplot oleh Kodam, tinggal nanti menyesuaikan kebutuhan dari pemerintah setempat masing-masing,” ujarnya.

Kendati demikian, Pangdam menilai, yang terpenting saat ini peran serta seluruh warga Kalbar untuk bisa bahu-membahu, dan bekerja sama penuh kesadaran untuk disiplin menggunakan masker dan jaga jarak.

“Itu yang paling penting karena ini merupakan perubahan perilaku kita ke depan, sehinga mau tidak mau, suka tidak suka, kita lakukan. Kita harus membiasakan di seluruh sektor,” terangnya.

Sedangkan Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyampaikan, penerapan new normal akan dilakukan di berbagai sektor dan segera disusun protapnya. Pemberlakuannya nanti dimulai dari rumah ibadah dan kegiatan ekonomi, dengan evaluasi yang akan terus dilakukan.

“Contohnya cuci tangan walaupun sudah wudu dari rumah tetap cuci tangan. Khutbahnya yang biasa setengah jam cukup 10 menit. Yang penting rukunnya tercapai,” ujarnya.

Dia mengatakan, seluruh sektor nantinya akan diterapkan secara pelan-pelan.

“Ada yang biasa dengan pembatasan sedikit. Ada yang tetap jalan dengan pembatasan yang lebih ketat. Ada yang memang sangat ketat. Tapi semua harus disiapkan,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *