Ramai-ramai Tanam 700 Bibit Magrove di Muara Kakap

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Sebanyak 700 batang bibit magrove ditanam di Muara Perairan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (30/5/2020) pagi. Penanaman tersebut melibatkan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kubu Raya, Lantamal XII Pontianak, Karang Taruna, serta Komunitas Cinta Laut Bersih Kalbar, dan Pemuda Peduli Magrove.

Sekretaris HSNI, Busrah Abdullah mengatakan, bakti sosial tersebut digelar guna menjaga kelestarian lingkungan dan menghidupakan kembali hutan magrove yang rusak. Apalagi, muara Kakap merupakan salah satu objek pariwisata di Kubu Raya yang memiliki potensi yang harus terus dikembangkan.

“Dengan tumbuhnya magrove ini kita harapkan dapat menjadi objek wisata dan menjadi wisata pendidikan khususnya untuk anak-anak, bahwa hutan bakau atau magrove itu penting,” terangnya.

Pria yang karip disapa Boy ini mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya sudah direncakaan sejak lama, namun terpaksa ditunda karena pandemi Covid-19.

“Jadi hari ini baru dilaksanakan, dengan pertimbangan bulan ini menjadi waktu surut terendah, sehingga kita tanam cepat supaya saat pasang tinggi, akar magrove sudah kuat, dan angka kemungkinan hidup tinggi,” ungkapnya.

Di samping itu, pelaksaan bakti sosial tersebut juga terap berpedoman pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kita tetap mengacu protokol kesehatan menjaga jarak, dan menggunakan masker,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *