Melihat Pulau Juante, Calon Objek Wisata Baru Kayong Utara

WISATA BAHARI - Pulau Juante digadang jadi objek wisata bahari baru Kayong Utara. (ISTIMEWA)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Pulau Juante digadang jadi objek wisata baru di Kayong Utara. Keindahan bawah air yang memiliki karang-karang yang cukup indah menjadi daya tarik sendiri saat menginjakkan kaki ke pulau tersebut. Pengunjung juga bisa menikmati sunset dan sunrise.

Dari kunjungan Bupati Kayong Utara, Citra Duani yang sudah kesekian kalinya, direncanakan dibuat infrastruktur penunjang seperti home stay dan pondok wisata lain agar pulau yang tidak jauh dari ibukota kecamatan itu bisa dinikmati keindahannya.

Bacaan Lainnya

“Wisata panorama alam yang juga wisata bahari. Tujuan wisata kita akan dibangun pondok wisata dan home stay di mana nantinya bisa jadi daya tarik tersendiri,” terang Citra Duani.

Selain bertujuan meningkatkan sektor pariwisata, pengembangan Pulau Juante sendiri untuk memberdayakan nelayan tradisional yang sering menangkap ikan di sekitar pulau, agar bisa meningkatan taraf hidupnya.

“Kemudian nelayan-nelayan di sini kita bina karena di sini sebenarnya tempat berteduhnya para nelayan saat musim selatan seperti angin kencang dan gelombang tinggi. Mereka tidak ada alternatif lain selain berteduh ke pulau ini, karena dekat,” ungkap Citra.

Dampak pandemi Covid-19 ini menurut Citra membuat sektor wisata di Kayong Utara melemah sehingga berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang turun drastis di bidang pariwisata. Bidang itu selama ini berkontribusi cukup besar pada pendapatan daerah.

“Karena itu kita merintis dari nol membangun pondok-pondok nelayan dulu setelah itu pondok wisata dan home stay,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *