Pandemi Covid-19, Menteri PUPR Ajak Pengembang Tingkatkan Transaksi Digital Perumahan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengajak asosiasi pengembangan perumahan dan perbankan untuk meningkatkan transaksi bidang perumahan melalui digital.(pu.go.id)

JAKARTA, insidepontianak.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak asosiasi pengembangan perumahan dan perbankan untuk meningkatkan transaksi bidang perumahan melalui digital. rw

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa kondisi normal baru itu intinya berkegiatan dengan mengurangi kontak fisik, semua dengan digitalisasi. Karena itu  harus mulai siapkan instrumennya seperti penandatanganan virtual untuk transaksi akad perumahan.

Bacaan Lainnya

“Untuk itu pengembang dan perbankan khususnya BTN harus bisa memfasilitasi hal tersebut,” ujar Menteri PUPR dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dilansir dari antaranews, Jumat (5/6/2020)

Baca juga: BI Bali: transaksi digital jadi keharusan untuk pariwisata Normal Baru

Selain penandatanganan virtual, Menteri PUPR juga berharap seluruh tahapan transaksi lainnya di bidang perumahan mulai dari permohonan, pencarian rumah, hingga akad kredit, juga telah dalam bentuk digital.

“Dengan adanya pandemi COVID-19, pertemuan bukan berarti harus hadir secara fisik,” katanya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Presiden Joko Widodo telah menyiapkan program besar digitalisasi di bidang layanan pemerintahan untuk menyongsong tatanan kehidupan normal baru.

Baca juga: Kementerian PUPR ingin pengembang bantu bangkitkan pasar properti

Di tengah pandemi COVID-19 yang mengharuskan setiap orang untuk menjaga jarak fisik  dalam beraktivitas, pemanfaatan teknologi informasi memegang peranan penting.

Untuk itu hal ini menjadi tantangan bagi seluruh pihak untuk adaptif dalam perbaikan proses bisnis termasuk dalam penyaluran subsidi perumahan.

Direktur BTN Hirwandi Gafar menyatakan pihaknya sudah menyiapkan virtual account bagi para nasabah untuk dapat melakukan transaksi mulai dari akses cari properti hingga pengajuan kredit melalui btnproperti.co.id.

“Untuk wawancara nasabah kami juga sudah lakukan dengan virtual, namun yang masih menjadi hambatan adalah ketika transaksi akad kredit, pihak notaris masih ingin bertatap muka. Selanjutnya akan kami sampaikan untuk akad virtual saja,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *