Pemkab Landak Latih Tenaga Kesehatan untuk Ambil Sampel Swab Covid-19

Pelatihan pengambilan sampel swab oleh petugas medis di Kabupaten Landak. (Ist)

LANDAK, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Landak mulai melatih tenaga kesehatannya agar bisa mengambil sampel swab pemeriksaan Covid-19 melalui kegiatan On The Job Training bagi analis Puskesmas, Rumah Sakit, dan Klinik Pratama yang digelar di Hotel Hanura, Selasa (9/6/2020). Mereka dilatih langsung petugas dari Laboratorium Kesehatan (Labkes) Pontianak.

“Kita hadirkan narasumber langsung dari Labkes Pontianak untuk melatih tenaga medis kita agar ke depannya semua PKM mempunyai analis yang bisa mengambil sampel swab,” kata Kadinkes Landak, Subanri.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka untuk meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19 terutama terkait pengambilan sampel swab yang dilakukan oleh tenaga medis di Kabupaten Landak.

“Semoga ini jadi titik nol untuk memulai pengambilan swab di Puskesmas dan Rumah Sakit demi meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan COVID-19, ” kata Karolin.

Karolin menjelaskan bahwa dengan kesiapan SDM tersebut juga sekaligus mempersiapkan upgrade Tes Cepat Molekuler (TCM).

“Kemarin kita sudah berkoordinasi dengan BPKP terkait teknis upgrade Tes Cepat Molekuler (TCM) agar dapat digunakan untuk pemeriksaan Covid-19. Nah, sekarang SDM yang kita upgrade juga agar dapat mempercepat proses penanganan Covid-19 di Kabupaten Landak,” jelas Karolin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *