Unit Siaga SAR Kayong Utara Ditargetkan Beroperasi Tahun Depan

TERIMA - Wabup Kayong Utara, Effendi Ahmad menerima cinderamata dari Kepala Kantor SAR Pontianak, Yopi Hariadi usai pertemuan membahas Unit Siaga SAR Kayong Utara, Sabtu (13/6/2020). SAR PONTIANAK

PONTIANAK, insidepontianak.com – Unit Siaga Tim Search and Rescue (SAR) Kabupaten Kayong Utara ditargetkan beroperasi pada Januari 2021. Sementara waktu, mereka akan menempati gedung Dinas Perhubungan sambil menunggu pembangunan gedung operasional SAR di Teluk Batang.

“Kita punya target 1 Januari 2021 Unit Siaga SAR akan terbentuk dengan kerja sama antara Kantor SAR Pontianak dan Pemda Kayong Utara,” kata Kepala Kantor SAR Pontianak, Yopi Hariadi usai pertemuan dengan Wakil Bupati (Wabup) Kayong Utara, Effendi Ahmad, Sabtu (13/6/2020).

Bacaan Lainnya

Yopi mengatakan, keberadaan unit siaga SAR Kayong Utara sangat penting. Apalagi frekuensi pelayaran di wilayah tersebut sangat tinggi dan tentunya dapat menimbulkan risiko kecelakaan. Seperti yang baru dialami salah satu kapal pengangkut sembako kemarin.

“Untuk itulah kita merencanakan berdirinya Unit Siaga SAR di sana dan akan kita tempatkan personel dan sarana SAR di sana,” ungkapnya.

Sementara waktu, Unit Siaga SAR akan menempati gedung Dinas Perhubungan sambil menunggu hibah lahan dari Pemkab Kayong Utara yang direncankan pada tahun 2021 mendatang.

“Jika nanti lahan hibah kita dapatkan, kita akan membangun gedung operasional untuk dijadikan tempat pelaksanaan siaga operasi maupun pembinaan di wilayah tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Kayong Utara, Effendi Ahmad berharap cita-cita Pemkab dan Basarnas dapat segera terwujud. Dirinya menargetkan tahun 2021 mendatang lahan hibah dari Pemkab Kayong Utara siap. Sehingga dapat dibangun kantor SAR tahun 2022 nanti.

“Kita akan siapkan lahan tahun 2021 dan kemungkinan pembangunan gedung baru di tahun 2022. Jadi sementara waktu kita akan meminjamkan gedung Dinas Perhubungan untuk ditempatkan personel Basarnas,” ujarnya.

Effendi berharap adanya Unit SAR Kayong Utara dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat. Terlebih wilayah tersebut sering terjadinya kecelakaan.

“Contohnya baru-baru ini ada kapal Mekar Jaya yang tenggelam. Kalau kita ada personel tentu cepat untuk evakuasi,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *