Jaga Keandalan Transmisi Listrik, PLN Gandeng Aparat Razia Layangan Bertali Kawat

LAYANGAN - Petugas melakukan penertiban permainan layangan bertali kawat di wilayah Kalbar. (Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com – PLN UP3B Kalbar, terus fokus  untuk menjaga keandalan sistem kelistrikan terutama pada sistem 150 kV bagi masyarakat  dan industri di Kalbar, di tengah pandemi Covid19.

“Menjaga keandalan pasokan listrik di tengah pandemi Covid-19 memiliki tantangan tersendiri. Selain melakukan berbagai upaya preventif untuk meminimalisir gangguan pada jaringan transmisi, petugas kami juga diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan guna mencegah penularan virus yang sedang mewabah,” ujar Ricky Faizal, Manajer PLN UP3B Kalbar, kemarin.

Bacaan Lainnya

View this post on Instagram

“Kawat layang-layang merupakan penyebab utama terjadinya gangguan listrik pada jaringan transmisi 150 kV. Untuk mengantisipasinya, kami beserta aparat keamanan melaksanakan penertiban layang-layang terutama yang bertali kawat. Kegiatan ini rutin kami lakukan agar jaringan transmisi aman, sehingga masyarakat dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman di rumah,” kata Ricky. Melihat maraknya permainan layang-layang yang dilakukan oleh warga, terutama saat masa pandemi ini, Ricky mengajak masyarakat untuk turut peduli menjaga aset kelsitrikan. Membantu mengimbau dan melarang warga untuk tidak bermain layang-layang disekitar SUTT 150 kV. Baca selengkapnya di insidepontianak.com atau klik tautan di bio @insidepontianakcom. #insidepontianak #pontianak #kalbar #beritapontianak #beritakalbar

A post shared by insidepontianakcom (@insidepontianakcom) on

Menurutnya, dampak gangguan listrik pada jaringan transmisi beraneka ragam, mulai dari kerusakan aset, kegagalan sistem yang mengakibatkan padam yang disebabkan oleh  gangguan eksternal akibat benda maupun alam.

Pemeliharan preventif maupun prediktif selalu dilaksanakan baik di Gardu Induk (GI) maupun di Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV.

Selain itu PLN UP3B Kalbar bersama aparat penegak hukum melaksanakan penertiban permainan layang-layang bertali kawat di sepanjang jalur transmisi 150 kV untuk memastikan penyaluran listrik tetap aman.

“Kawat layang-layang merupakan penyebab utama terjadinya gangguan listrik pada jaringan transmisi 150 kV. Untuk mengantisipasinya, kami beserta aparat keamanan melaksanakan penertiban layang-layang terutama yang bertali kawat. Kegiatan ini rutin kami lakukan agar jaringan transmisi aman, sehingga masyarakat dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman di rumah,” kata Ricky.

Melihat maraknya permainan layang-layang yang dilakukan oleh warga, terutama saat masa pandemi ini, Ricky mengajak masyarakat untuk turut peduli menjaga aset kelsitrikan. Membantu mengimbau dan melarang warga untuk tidak bermain layang-layang disekitar SUTT 150 kV. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *