Tumpukan Sampah di Kolong Jembatan Pasar Pagi Sungai Pinyuh Dibersihkan

BERSIHKAN - Warga dan Pemda Mempawah membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai bawah jembatan Pasar Pagi Sungai Pinyuh, Minggu (28/6/2020). ISTIMEWA

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Warga sekitar Pasar Pagi Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah merasa senang, sebab pemandangan tak sedap dari tumpukan sampah plastik di kolong jembatan Pasar Pagi sudah hilang.

Tumpukan sampah plastik yang menyumbat aliran sungai di bawah jembatan Pasar Pagi sudah dibersihkan oleh bagian kebersihan Pemda, pihak kecamatan, dan masyarakat kelurahan dengan bergotong-royong, Minggu (28/6/2020).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Camat Kecamatan Sungai Pinyuh, Ibrahim Marhas mengatakan pihaknya menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait tumpukan sampah plastik di kolong jembatan Pasar Pagi.

“Sekarang alhamdulilah sudah lancar aliran di bawah kolong jembatan ini, kita merespon cepat apa yang menjadi keluhan masyarakat setempat,” katanya.

Terkait rencana pembersihan berkala aliran di bawah kolong jembatan Pasar Pagi itu, Ibrahim mengatakan akan dibicarakan terlebih dahulu dengan Pemda, pihak kecamatan, dan kelurahan.

Sementara itu, Lurah Sungai Pinyuh, Gusti Sumarno mengajak masyarakat bersama-sama memelihara aliran air yang membentang sampai ke Desa Sungai Batang tersebut.

“Karena kalau di sini sumbat dampaknya sangat luas, aliran ini sampai ke Sungai Batang. Tentu kita harus menjaga bersama-sama jangan buang sampah sembarangan,” katanya.

Dia mengatakan, sebagai rencana jangka panjang, dia akan menyusulkan ke Pemda upaya pembersihan berkala aliran sungai dan parit-parit yang ada di Kelurahan Sungai Pinyuh.

“Di bawah kolong jembatan Pasar Pagi Sungai Pinyuh ini saja kalau kita lihat jumlah sampahnya ada sekitar sepuluh truk, bahkan lebih,” katanya.

Dia menilai, penyebab utama tumpukan sampah plastik tersebut adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

“Jadi masih banyak yang tidak punya rasa memiliki, tidak sadar dan tidak mau tahu soal dampak yang disebabkan oleh tumpukan sampah tersebut, seperti banjir misalnya, kalau sadar mereka tidak akan buang di sini,” bebernya.

Di sisi lain, masyarakat sekitar Pasar Pagi Sungai Pinyuh, Aphiau sangat berterima kasih kepada Pemda yang telah merespon cepat keluhan masyarakat.

“Tentu kita sangat berterima kasih sekali, sekarang aliran air sudah lancar, sudah enak dipandang dan tidak berbau menyengat, tumpukan sampahnya sudah tidak seperti kemarin,” tandasnya. (yak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *