Dewan Minta Sampah Pasar Pagi Sungai Pinyuh Dibersihkan Berkala

Anggota DPRD Mempawah, Sulastri.

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mempawah, Sulastri mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan pembersihan secara berkala parit dan sungai di Sungai Pinyuh.

“Menyikapi masalah tumpukan sampah yang ada di bawah kolong jembatan Pasar Pagi Sungai Pinyuh kemarin, saya mendorong Pemda dan seluruh pihak terkait untuk melakukan pembersihan secara berkala,” katanya, Senin (29/6/2020).

Bacaan Lainnya

Tumpukan sampah yang menjejali kolong jembatan dan aliran sungai berdampak luas terhadap lingkungan. Apalagi aliran sungai itu mengalir dari Sungai Pinyuh sampai ke Sungai Batang.

“Kalau penuh dengan sampah plastik maka akan membuat sungai menjadi dangkal sehingga rawan terjadi banjir,” ungkapnya.

Menurut legislator dapil Sungai Pinyuh-Anjongan itu, mengatasi masalah sampah yang ada di aliran sungai dan parit di Sungai Pinyuh tidak hanya menyoal tentang pembersihan berkala. Tapi juga perlu kesadaran masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat. Terutama kesadaran masyarakat tidak membuang sampah di sungai.

Dengan begitu, perlu ada kerja sama lintas sektoral. Tidak hanya dari dinas terkait, kecamatan, maupun kelurahan tapi semua elemen masyarakat.

“Kalau kita digandeng oleh Pemda untuk menanggulangi masalah itu kita siap,” tegasnya.

Sulastri mengatakan, sampah yang sudah dibersihkan dari aliran sungai tersebut merupakan langkah tepat dari Pemda, dan itu sangat diapresiasi.

“Atas langkah dan tanggapan cepat yang dilakukan oleh Pemda dalam hal ini bidang Kebersihan, kami sangat mengapresiasi, kepada masyarakat yang terlibat juga patut kami acungi jempol,” pungkasnya. (yak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *