Gubernur Sutarmidji Wacanakan Bangun Gudang Pangan Dikelola Perusda

SAMBUTAN - Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat memberi sambutan dalam Rapat Koordinasi Pilkada Serentak Kalbar di Hotel Kapuas Palace, Senin (24/2/2020). (ABDUL/insidepontianak.com)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Gubernur Kalbar, Sutarmidji mewacanakan membangun gudang pangan. Tujuannya untuk menampung hasil pertanian lokal Kalbar agar bisa menjadi stok cadangan untuk kebutuhan masyarakat Kalbar. Perusahaan Daerah (Perusda) Kalbar akan ditunjuk sebagai pengelola.

Apalagi, beras hasil produksi petani lokal tercatat surplus. Harusnya beras lokal itu bisa menjadi cadangan stok. Dibeli oleh Pemda, untuk disalurkan ke seluruh kabupaten yang ada di Kalbar. Sehingga Kalbar tak perlu lagi datangkan pasokan beras dari luar dengan jumlah besar.

Bacaan Lainnya

Dia pun menyebutkan akan mengarahkan Perusahaan Daerah (Perusda) mengelola hasil pertanian lokal Kalbar, agar bisa menjadi nilai tambah ekonomi petani.

“Kita surplus beras ini. Kita diminta pasarkan. Pikirkan itu gimana? Gitu. Bagaimana mendistribusikan hasil petani lokal di Kalbar ke kabupaten lain aja. Itu sudah bagus. Perusahaan daerah akan saya arahkan ke sana,” katanya.

Gubernur meminta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalbar merumuskan langkah-langkah pengembangan potensi pangan yang ada di Kalbar.

“Itu tugas Pak Junaidi, mengkoordinasikanya dengan dinas-dinas lain. Harusnya surplus (beras) itu dijadikan beras cadangan. Ke depan Pemda harus punya gudang pangan,” tutupnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *