Aplikasi CMS Bank Kalbar Bikin Pengelolaan Keuangan Desa di Kubu Raya Transparan

MENANJAK - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendra berfoto dengan salam menanjak usai peluncuran pengelolaan keuangan desa dengan CMS Bank Kalbar di Desa Teluk Kapuas, Agustus 2019 lalu.

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Aplikasi Cash Management System (CMS) dari Bank Kalbar membantu mewujudkan keuangan desa yang transparan. Lewat pengelolaan dana non tunai, setiap rupiah yang keluar detail dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Desa Kabupaten Kubu Raya, M Zaini menyebutkan, semua desa di Kubu Raya saat ini sudah menerapkan transaksi elektronik kerja sama dengan Bank Kalbar.

Bacaan Lainnya

Tidak ada lagi belanja secara langsung. Semua sudah non tunai. Melalui satu aplikasi yang telah disediakan oleh Bank Kalbar. Termasuk belanja material untuk pembangunan.

“Belanja-belanja material, semua sudah pakai sistem Cash Management System (CSM),” katanya.

Begitupun pencairan Alokasi Dana Desa dari kabupaten. Sudah lewat transfer melalui aplikasi Bank Kalbar. Langsung masuk ke rekening desa. Prosesnya cepat dan akuntabel.

“Termasuk pencairan gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa. Sekarang sudah pakai CMS melalui aplikasi Bank Kalbar,” terangnya.

Menurut Zaini, transaksi elektronik kerja sama dengan Bank Kalbar itu sangat mempermudah desa. Di samping itu, transaksi elektronik juga aman dan transparan.

“Sebab setiap pembelanjaan desa akan tercatat secara otomatis oleh sistem secara rinci. Sehingga transparansi penggunaan dana desa sangat terjaga,” tutupnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *