Sineas Muda Dominasi Lomba Vlog Soekarno dan Pancasila

CEO Lembaga Riset Nusakom Pratama, Dr. Ari Junaedi

JAKARTA, insidepontianak.com – Para sineas muda mendominasi keikutsertaan lomba video/vlog Pancasila yang digelar Nusakom Pratama (NP) bekerja sama dengan legislator dari PDI Perjuangan.

Lomba memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni dan hari lahir Bapak Bangsa Ir. Soekarno itu, dibuka pendaftaran untuk umum selama tiga pekan, dan berakhir 30 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Lomba digelar secara daring melalui media sosial. Lomba difokuskan di empat kategori daerah yakni Jakarta, Bojonegoro, Bangka Tengah, dan Bengkayang.

Sebanyak 55 hasil karya peserta berupa video diunggah di media sosial. Hampir seluruhnya adalah sineas muda, pelajar, dan mahasiswa.

CEO Lembaga Riset Nusakom Pratama, Dr Ari Junaedi mengatakan, banyaknya sineas muda yang mengikuti lomba video/vlog itu menunjukkan bahwa, para pemuda Indonesia memiliki kekreatifan dalam memaknai kehidupan ber-Pancasila dan mengikuti alur sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

“Pancasila dan sejarah kemerdekaan adalah satu hal yang tidak dapat dipisahkan” kata pengajar pasca sarjana di sejumlah perguruan tinggi ini, dalam rilisnya kepada Insidepontianak.com.

Ari juga mengatakan, pembelajaran sejarah perjuangan bangsa dan upaya memaknai kehidupan ber-Pancasila, harus dilakukan dengan mengikuti perkembangan teknologi dan budaya.

“Media sosial adalah sarana efektif untuk mensosialisasikan Pancasila. Teknologi kekinian harus dimanfaatkan,” kata Staf Khusus Presiden Megawati Soekarnoputeri, periode 2004 -2010 itu.

Terkait video/vlog hasil karya peserta, Ari menilai sudah cukup baik. “Yang dinilai secara objektif hasil karya peserta adalah kreatifitas, orisinalitas, dan kesusuaian dengan tema. Sudah cukup baik,” kata Ari yang juga ketua dewan juri ini.

Kendati demikian, Ari berharap para peserta terus meningkatkan kreatifitas dan kualitas berkarya.

“Jangan berpuas diri. Ayo tingkatkan kreatifitas dan kualitas,” ujar peraih penghargaan Sertificate of Merit WCO tahun 2014, atas kontribusinya dalam penatalaksanaan komunikasi Bea Cukai Indonesia. (ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *