Keringanan Tagihan PDAM Pontianak Akibat Pandemi Berakhir

Dirut PDAM Pontianak, Ladjito.

PONTIANAK, insidepontianak.com  – Keringanan tagihan pembayaran rekening air pelanggan PDAM Kota Pontianak berakhir bulan ini. Sebelumnya, keringanan untuk kategori rumah tangga sederhana dan sosial itu telah berlangsung selama tiga bulan selama pandemi Covid-19.

Direktur PDAM Tirta Khatulistiwa, Ladjito menjelaskan stimulus bagi pelanggan PDAM itu telah diberikan selama tiga bulan, terhitung sejak April, Mei, dan Juni.

Bacaan Lainnya

“Sudah berakhir karena regulasi sebelumnya stimulus itu hanya berlaku April, Mei, dan Juni. Sehingga para pelanggan yang akan membayar tagihan pada bulan Agustus untuk pemakaian di bulan Juli sudah tidak ada lagi subsidi,” ujarnya.

View this post on Instagram

Direktur PDAM Tirta Khatulistiwa, Ladjito menjelaskan stimulus bagi pelanggan PDAM itu telah diberikan selama tiga bulan, terhitung sejak April, Mei, dan Juni. “Sudah berakhir karena regulasi sebelumnya stimulus itu hanya berlaku April, Mei, dan Juni. Sehingga para pelanggan yang akan membayar tagihan pada bulan Agustus untuk pemakaian di bulan Juli sudah tidak ada lagi subsidi,” ujarnya. Keringanan itu diberikan pemerintah sebagai kompensasi selama pandemi Covid-19 di Kota Pontianak. Golongan pelanggan PDAM yang digratiskan tagihannya adalah golongan 1A (Sosial Umum), 1B (Sosial Khusus A), 1C (Sosial Khusus B), 2A (KU Kran Umum), 2A1 (Rumah Tangga Sederhana), dan 2A1U (Rumah Tangga Sederhana ada Usaha). Baca selengkapnya di insidepontianak.com atau klik tautan di bio @insidepontianakcom. #insidepontianak #pontianak #kalbar #beritapontianak #beritakalbar

A post shared by insidepontianakcom (@insidepontianakcom) on

Keringanan itu diberikan pemerintah sebagai kompensasi selama pandemi Covid-19 di Kota Pontianak. Golongan pelanggan PDAM yang digratiskan tagihannya adalah golongan 1A (Sosial Umum), 1B (Sosial Khusus A), 1C (Sosial Khusus B), 2A (KU Kran Umum), 2A1 (Rumah Tangga Sederhana), dan 2A1U (Rumah Tangga Sederhana ada Usaha).

Sedangkan untuk golongan pelanggan PDAM yang mendapat diskon 10 meter kubik adalah untuk golongan 2A2 (RT Semi Permanen), 2A2U (RT Semi Permanen Ada Usaha), 2A3 (RT Permanen), 2A3U (RT Permanen Ada Usaha), 2C (RT Perdagangan dalam Gang), dan 2D (RT Perdagangan Pinggir Jalan).

Program ini diberikan sebagai bentuk stimulus kepada masyarakat terdampak Covid-19. Dalam kalkulasi PDAM, setidaknya 113 ribu dari 129 ribu pelanggan, atau 80 persen warga Pontianak menikmati program gratis tagihan PDAM ini.

Ladjito menambahkan dengan berakhirnya stimulus itu secara otomatis pelanggan PDAM kembali membayarkan tagihan seperti biasa. Sehingga diharapkan para pelanggan dapat hemat dalam menggunakan air.

“Pemakaian Juli yang dibayarkan Agustus, pembayaran tagihannya kembali seperti kondisi normal,” ujarnya.

Stimulus selama tiga bulan ini menghabiskan biaya sebesar Rp7,5 miliar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *