1.196 Pucuk Senjata Non Organik dari Perbatasan Dimusnahkan

MUSNAHKAN - Kodam XII Tanjungpura memusnahkan ribuan senjata non organik dari masyarakat di Gudang Peralatan Daerah (Gudpalrah) XII/Pontianak, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Senin (6/7/2020).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Ribuan senjata rakitan non organik hasil operasi Satgas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia dimusnahkan Kodam XII Tanjungpura, Senin (6/7/2020). Senjata rakitan tersebut berjumlah 1.196 pucuk, yang terdiri 86 pucuk pistol dan 1.110 senapan laras panjang.

Pemusnahan tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad di Gudang Peralatan Daerah (Gudpalrah) XII/Pontianak, Pontianak Utara, Kota Pontianak.

Bacaan Lainnya

“Pemusnahan ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban Kodam XII/Tpr. Selain kita menerima dari masyarakat, Kodam juga berkewajiban untuk memusnahkannya agar senjata ini di kemudian hari tidak disalahgunakan,” jelas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Pangdam mengatakan, senjata non organik tersebut merupakan hasil sosialisasi dan pendekatan secara persuasif yang dilakukan Satgas Pamtas Perbatasan RI-Malaysia kepada masyarakat. Dengan pendekatan itulah, masyarakat akhirnya dengan suka rela menyerahkan senjatanya kepada petugas.

Senjata rakitan tersebut sangatlah berbahaya sebab dapat menghilangkan nyawa seseorang. Oleh karena itu, Satgas Pamtas melalui konsep teritorial terus melakukan upaya pendekatan agar masyarakat secara sukarela dapat menyerahkannya kepada petugas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *