Balai Bahasa Kalbar Buka Pemilihan Duta Bahasa dan Lomba Musikalisasi Puisi Berhadiah Puluhan Juta

Kepala Balai Bahasa Kalbar, Aminulatif.

PONTIANAK, inisidepontianak.com – Balai Bahasa Provinsi Kalbar membuka pendaftatan peserta pemilihan Duta Bahasa 2020. Pendaftaran bisa dilakukan secara daring atau langsung ke Kantor Balai Bahasa Provinsi Kalbar, Jalan Ahmad Yani I, Pontianak.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalbar, Aminulatif menjelaskan, syarat untuk mendaftar pemilihan duta bahasa itu antara lain, pertama, calon pesrta harus berdomisili di wilayah Kalbar.

Bacaan Lainnya

Kemudian calon peserta, baik perempuan atau laki-laki usia minimal 18 tahun, maksimal 25 tahun. Mampu berbahasa Indonesia dengan baik. Bisa berbahasa daerah dan menguasai bahasa asing. Salah satunya bisa berbahasa Inggris. Setiap pendaftar juga wajib melampirkan karya tulis original.

“Acara puncak pemilihan Duta Bahasa ini kita rencanakan pada Agustus nanti,” jelasnya, Rabu (8/7/2020).

Aminulatif mengatakan, even pemilihan Duta Bahasa rutin digelar setiap tahun di bulan Agustus. Lomba itu dibuat sebagai bentuk apresiasi dalam peringatan Hari Proklamasi Indonesia.

“Kegiatan pertama digelar tahun 2008,” ujarnya.

Pemenang Duta Bahasa diharapkan bisa menjadi tauladan bagi anak muda di Kalbar agar mencintai bahasa negara Indonesia, dan bahasa daerah, serta giat belajar bahasa asing.

Selain lomba pemilihan Duta Bahasa, Balai Bahasa Provinsi Kalbar juga menggelar lomba Musikalisasi Puisi. Lomba itu juga bakal digelar di momentum peringatan 17 Agustus nanti.

“Lomba Musikalisasi Puisi ini, pesertanya khusus untuk siswa tingkat SLTA se Kalbar,” terangnya.

Musikalisasi Puisi sendiri merupakan perlombaan keterampilan memadukan musik dan puisi. Even itu juga rutin dilaksanakan Balai Bahasa Provinsi Kalbar setiap bulan Agustus.

Untuk pemenang lomba Duta Bahasa, panitia menyiapkan total hadiah senilai Rp29 Juta. Sedangkan hadiah pemenang lomba Musikalisasi Puisi total hadiah yang disiapkan senilai Rp27 Juta.

“Untuk pemenang lomba Duta Bahasa, nanti kita akan kirim mereka mengikuti pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional,” tutupnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *