DPRD Kalbar Minta Pemprov Maksimalkan Potensi Pertanian

Wakil Ketua DPD Kalbar, Suriansyah.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suriansyah mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar memaksimalkan sektor pertanian. Dia menilai sektor pertanian masih dapat diandalkan untuk menggerakkan ekonomi meski di tengah pandemi Covid-19.

“Potensi pertanian harusnya dimanfaatkan Pemerintah Provinsi untuk terus bisa menggeliatkan perekonomian,” ujar Suriansyah kepada insidepontianak.com, Kamis (9/8/2020).

Bacaan Lainnya

Suriansyah mengatakan tak banyak yang dapat dilakukan Pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Namun sektor pertanian masih dapat bergerak, dan punya potensi jika dimaksimalkan. Hal tersebut terjadi, karena lokasi pertanian umumnya berada di pedesaan yang relatif lebih aman dari segi penyebaran Covid-19.

Untuk itulah, dia meminta Pemprov memaksimalkan sektor pertanian dengan memberikan dukungan kepada petani. Mulai dengan memastikan ketersediaan benih, ketersediaan pupuk, ketersediaan sarana pertanian, maupun ketersediaan BBM untuk mesin-mesin pertanian.

Saat ini keberadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar untuk mesin pertanian masih susah diakses oleh petani. Dukungan Pemerintah juga dapat dilakukan dengan memberikan alokasi BBM untuk para petani. Sebab petani saat ini tak hanya mengandalkan tenaga, namun juga bantuan mesin.

“Dengan begitu, mesin-mesin pertanian yang dipergunakan oleh petani bisa terus bergerak. Bisa terus hidup,” ungkapnya.

Di sisi lain, Pemerintah juga harus memperhatikan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat uang beredar di pedesaan. Karena prinsipnya petani tidak murni sebagai petani. Mereka juga mengharapkan penghasilan lain dari sektor pembangunan dengan memanfaatkan waktu luang mereka.

“Karena itu kegiatan pembangunan infrastruktur pedesaan harus tetap bisa berjalan, sehingga mereka punya lapangan pekerjaan di luar bidang pertanian yang bisa mendukung kegiatan mereka di bidang pertanian,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *