Prakiraan BMKG, Hujan Lebat di Kalbar Sampai 15 Juli

Prakiraan cuaca dari BMKG untuk enam hari ke depan.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Nanang Buchori menyebutkan, hujan dengan intensitas lebat di seluruh wilayah Kalbar diperkirakan akan terjadi sampai 15 Juli 2020.

“Tapi setelah tangga 10 Juli 2020 yang perlu diwaspadai, hujan lebat ada di Kalbar bagian timur dan sebagian Ketapang,” katanya, Kamis (9/7/2020).

Bacaan Lainnya

Sedangkan, per hari ini, kata dia, telah dilaporkan terjadi puting beliung disertai hujan lebat di wilayah Bengkayang.

“Hujan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di Kabupaten Bengkayang terjadi pada rentang pukul 13.00 WIB hingga 14.00 WIB,” jelasnya.

Pengamatan radar cuaca, hujan lebat terjadi merata di seluruh wilayah Kalimantan Barat. Diperkirakan akan berlangsung sampai sore hari.

“Diprakirakan hingga tanggal 15 Juli 2020 nanti, masih berpotensi terjadi gangguan meteorologis yang meningkatkan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di seluruh wilayah Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Cuaca ekstrem berupa hujan lebat dengan periode waktu yang cukup lama ini, bisa memicu terjadinya genangan, banjir, tanah longsor, dan dampak merugikan lainnya.

Sedangkan periode pasang air laut saat ini hingga tiga hari ke depan diprakirakan juga masih tinggi. Terutama pada malam hari. Karenanya, masyarakat diingatkan agar mewaspadai potensi bencana hidrometeorologis tersebut.

“Khususnya pada wilayah yang sering terdampak,” ujarnya.

Nanang memastikan, BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, sudah menyampaikan rilis potensi cuaca ekstrem ini sejak 6 Juli 2020.

“Perkembangannya, terus kami perbarui pada potensi peringatan dini cuaca ekstrem 2-3 jam ke depan,” jelasnya.

Masyarakat diimbau untuk memperbarui informasi cuaca terkini melalui call center di nomor 0561 – 721142, atau bisa juga di laman http://kalbar.bmkg.go.id, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *