Rumah Betang Dipan Nipan Bolong di Putussibau Luluhlantak Dilalap Api

KEBAKARAN - Rumah Betang Dipan Nipan Bolong, di Desa Nanga Nyabau, Putussibau Utara terbakar sekitar pukul 20.30 WIB, Minggu (19/7/2020).

KAPUAS HULU, insidepontianak.com – Rumah Betang Dipan Nipan Bolong, di Desa Nanga Nyabau, Putussibau Utara terbakar sekitar pukul 20.30 WIB, Minggu (19/7/2020). Seluruh bangunan hangus dilalap api.

Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu, AKP Rando menyebutkan, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab kebakaran yang meluluhlantakkan rumah betang tersebut.

Menurutnya, peristiwa kebakaran hebat itu pertama kali diketahui oleh salah satu penghuni, bernama Ipang. Yang bersangkutan awalnya mendengar suara ribut. Dia pun segera keluar dari billiknya menuju pelataran betang.

“Pada saat saudara Ipang berada di pelataran rumah betang, dia melihat bilik bagian tengah sudah terbakar,” ungkapnya.

Api dengan cepat merayap ke bangun yang lain. Warga setempat pun bergotong-royong memadamkan api yang terus membesar itu dengan menyimburkan air menggunakan ember.

Namun nahas, api terlanjur menjalar. Sudah tak bisa dikendalikan. Kontruksi bangunan betang yang 90 persen kayu membuat api semakin cepat membesar. Selama dua jam, api meratakan seluruh bangunan rumah betang itu.

“Sekira jam 22.00 WIB, api padam dengan sendirinya,” kata Rando.

Saat ini, warga yang tinggal di rumah betang tersebut sudah diungsikan. Sumber dan penyebab kebakaran yang menghanguskan rumah betang itu, masih diselidiki polisi.

“Korban jiwa nihil. Kerugian Materil diperkirakan di atas Rp4.000.000.000,” tutup Rando. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *