KM Bahari Indonesia Tujuan Pontianak Terbakar di Laut Jawa

Kapal Motor Bahari Indonesia terbakar di perairan Laut Jawa sekitar 117 Nauticalmiles (Nm) dari Jakarta, Selasa (21/7/2020) sekitar pukul 17.30 WIB.

JAKARTA, insidepontianak.com – Kapal Motor Bahari Indonesia terbakar di perairan Laut Jawa sekitar 117 Nauticalmiles (Nm) dari Jakarta, Selasa (21/7/2020) sekitar pukul 17.30 WIB. Kapal kargo rute Tanjung Priuk-Pontianak itu berpenumpang 26 orang. Semuanya berstatus anak buah kapal (ABK).

Beruntung saat kejadian, KM Samudera Jaya Abadi melintas. Sehingga ABK Bahari Indonesia yang terbakar itu, berhasil diselamatkan.

Bacaan Lainnya

“Kita terima informasi dini hari tadi melalui agen KM Bahari Indonesia bahwa, seluruh penumpang dalam keadaan sehat,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Hendra Sudirman, selaku SAR Mission Coordinator dalam operasi penyelamatan tersebut melalui rilis tertulis yang diterima insidepontianak.com, Rabu (22/7/2020).

Seluruh ABK KM Bahari Indonesia yang terbakar itu, saat ini sudah bergerak menuju Ketapang menggunakan KM Samudera Jaya Abadi.

Hendra menyebutkan, Basarnas telah mengerahkan KN SAR Wisnu (Basarnas) dan KN Alugara (KPLP), dibantu KM Bahari 3 menuju lokasi kejadian untuk proses evakuasi selanjutnya. Menurutnya, bangkai KM Bahari Indonesia yang terbakar di Laut Jawa, telah bergeser ke arah barat laut dengan jarak sekitar 18 Nm dari lokasi terbakar.

“Kondisi kapal masih terapung dengan api sudah padam. Kemudian, kita lakukan penyisiran pada kapal tersebut dan didapat hasil sudah tidak ada korban lagi yang dievakuasi,” katanya.

Meski demikian, Basarnas hingga saat ini masih terus melakukan pemantauan terhadap pergerakan KM Samudera Jaya Abadi yang membawa 26 ABK Bahari Indonesia ke Pelabuhan Sukabangun Ketapang. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *