Perkuat Sekolah Perikanan, Menteri KKP Rencana Hibahkan Kapal Sitaan ke Lembaga Pendidikan

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo berencana menghibahkan kapal-kapal asing yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia ke lembaga pendidikan. Langkah ini sebagai dukungan kepada lembaga pendidikan khususnya jurusan perikanan.

“Kapal-kapal yang kita sita karena ini masih bagus, kita sudah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Jaksa Agung arahnya nanti akan kita hibahkan kepada lemaga-lembaga pendidikan, kita sekolah-sekolah perikanan,” ujar Edhy Prabowo, Rabu (22/7/2020).

Bacaan Lainnya

Edhy menilai lembaga pendidikan seperti SMK Perikanan, selama ini melatih siswa tetapi tidak didukung dengan alat praktik, salah satunya kapal.

“Makanya kami akan perkuat sekolah perikanan dari pusat dan daerah. Tadi Pak Gubernur sudah sampaikan ada SMK Perikanan, inginya praktik lapangan tentu perlu fasilitas,” ungkapnya.

Realisasinya rencana itu akan dilakukan apabila nantinya sudah ada kekuatan hukum, kemudian disita dan diserahkan. Dirinya pun menyadari ada keraguan berbagai pihak soal pemberian kapal sitaan kepada pihak ketiga.

“Takutnya dijual kembali, namun kita sudah punya mekanisme dan ini hanya soal pengawasan,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *