Citra Duani Minta Tenaga Kontrak Mulai Bertani

Bupati Kayong Utara, Citra Duani.

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Bupati Citra Duani meminta tenaga honorer Kayong Utara memanfaatkan lahan tidur dengan bertani. Kontrak mereka dengan Pemkab akan berakhir 31 Desember 2023 mendatang. Potensi diri bisa digali dari sekarang.

“Banyak mereka sarjana petani, jadi lah petani yang profesional. Banyak lahan di Kayong Utara ini yang bisa digarap, padi, kopi, jagung dan seterusnya. Untuk ketahanan pangan ini kita masih banyak perlu tenaga masing-masing disiplin ilmu,” terang Citra Duani, Kamis (23/7/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Citra Duani, saat ini masih banyak lahan tidur yang belum termanfaatkan dengan maksimal. Hal tersebut menjadi peluang besar untuk membangun usaha baru bagi masyarakat. Khususnya tenaga honorer yang memiliki ilmu di bidang pertanian.

Di beberapa kesempatan, pihaknya sudah melakukan pendekatan dan memberikan gambaran potensi yang ada di Kayong Utara.

“Berulang kali saya sampaikan, kalau Kayong mau maju, anak-anak muda kita yang sarjana ini jangan malas. Jangan manja, mereka harus action. Yang mau melaut pergi ke laut, potensi ikan kita sangat banyak,” harap Citra Duani.

Pemkab tak bisa mengakomodir tingginya minat masyarakat masuk ke pemerintahan dengan status honorer dan kontrak. Sehingga masyarakat harus mampu membaca peluang usaha, untuk mengembangkan kemampuan diri dan dapat terus berinovasi.

Dengan pelarangan tenaga kontrak mulai 31 Desember 2023, Pemda akan membatasi diri dalam penerimaan. Termasuk memangkas tenaga kontrak yang tidak produktif.

“Kalau kontrak ini kalau sudah ada edaran gubenur, berarti Pemerintah Daerah secara bertahap akan mengurangi, yang mana tidak produktif akan kita putus kontraknya secara bertahap,” tutupnya. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *