Panen Raya Pematang Pilas Hasilkan 4,1 Ton Gabah Kering

PANEN - Masyarakat Pematang Pilas, Desa Sei Awan Kanan, Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang panen raya padi varietas Argo Pawan sebanyak 4,1 ton gabah kering. Panen raya ini dihadiri langsung Sekda Ketapang, Farhan, Kamis (23/7/2020).

KETAPANG, insidepontianak.com – Masyarakat Pematang Pilas, Desa Sei Awan Kanan, Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang panen raya padi varietas Argo Pawan sebanyak 4,1 ton gabah kering. Panen raya ini dihadiri langsung Sekda Ketapang, Farhan, Kamis (23/7/2020).

Sekda mengucap syukur kepada Tuhan dan juga terima kasih kepada para petani Pematang Pilas lantaran tak kendor ikhtiar, tetap bercocok tanam padi di kala pandemi.

Bacaan Lainnya

Sekda berharap Pematang Pilas bisa  terus berprestasi, dengan meningkatkan hasil pertaniannya. Kondisi itu akan sangat berdampak pada ketahanan pangan dan nilai lebih terhadap para petani itu sendiri.

“Dari  4,1 ton itu kalau dijadikan beras mungkin ketemu dengan 3 sampai 2 ton, tentu ini akan memberikan kontribusi ketersediaan pangan di kabupaten Ketapang,” terang Sekda.

Menurutnya, pertanian adalah usaha yang sangat potensial, mengingat makanan pokok bangsa Indonesia adalah beras. Berarti, ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap beras sangat tinggi.

Ke depan, Sekda berharap kepada Kelompok Tani Pematang Pilas maksimalkan lahan, dan mengharap yang belum tergarap.

“Potensi Pematang Pilas berupa lahan pertanian hanya 40 hektar, sedangkan yang telah dimanfaatkan baru 30 hektar, artinya masih sisa 10 hektar. Ke depan saya berharap bisa ditingkatkan, dan bisa menjadi lapangan pekerjaan,” harapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *