Pemprov Kalbar Siapkan Rancangan Pergub Perlindungan dan Pengelolaan Areal Konservasi

Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, AL Laysandri. HUMPRO KALBAR

PPONTIANAK, insidepontianak.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, AL Laysandri menyebutkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah menyusun rancangan Pergub tentang Perlindungan dan Pengelolaan Areal Konservasi.

“Ada empat (rancangan) Pergub yang disiapkan untuk menjadi role mode lah, kita mengelola hutan yang sebesar 8,6 juta hektar ini,” katanya, Jumat (24/7/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, rancangan Pergub tentang Perlindungan dan Pengelolaan Areal Konservasi itu dibuat untuk payung hukum, agar masyarakat yang tinggal di wilayah hutan bisa memanfaatkan lahan hutan untuk dikelola dengan konsep berkelanjutan.

“Ini adalah konsep untuk memberi bantuan kepada masyarakat atau mendorong perekonomian masyarakat yang tinggal di kawasan hutan,” ucapnya.

Dengan Pegub itu, nanti juga diharapkan, masyarakat bisa bersama-sama pemerintah menjaga lingkungan dan hutan agar tidak dieksploitasi secara berlebihan.

“Jadi, kita ingin mengamankan kawasan kita menjadi kawasan yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Pengelolaan lahan yang berbasis berkelanjutan ke depan, harus diserap oleh seluruh masyarakat yang selama ini hidup di kawasan hutan.

“Pemerintah hadir melihat ini. Bagaimana mereka bisa diberi akses pengolahan lahan yang bisa meningkatkan kehidupan mereka,” katanya.

Pergub tentang Perlindungan dan Pengelolaan Areal Konservasi nantinya juga diarahkan untuk bisa memberi akses masyarakat mengelola tanaman hutan yang punya nilai ekonomis.

“Termasuk bagaimana mengelola potensi keratom yang ada di perhuluan Kalbar itu. Sehingga tidak ada lagi perdebaran soal (Keratom) ini. Karena ini kan tanaman hutan. Ini harus dikelola. Pak gubernur maunya begitu. Ada kebijakan politik untuk kebutuhan masyarakat,” tutupnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *