Maman: Jaringan Pipa Gas Trans Kalimantan Majukan Peradaban Kalbar

Anggota DPR RI asal Kalbar, Maman Abdurrahman.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Ketua Komisi VII DPR-RI Maman Abdurrahman menilai, rencana pembangunan jaringan pipa gas Trans Kalimantan bukan sekadar untuk memberi kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pasokan gas. Namun lebih dari itu.

Pembangunan pipa gas Trans Kalimantan, merupakan suatu program strategis yang dirancang untuk memajukan peradaban daerah Kalimantan supaya bisa lebih maju seperti di negara-negara moderen.

Bacaan Lainnya

“Saya selaku komisi VII, akan melakukan dorongan secara politis di DPR supaya pemerintah merealisasikan pembangunan jaringan pipa gas ini,” tegasnya.

Karena itu, Maman menegaskan, komisi VII akan mengawal rencana pembangunan pipa Trans Kalimantan itu, agar segera masuk dalam rencana strategis (renstra) dan rencana induk program pembangunan pemerintah pusat.

“Bagi saya, ini menjadi sebuah tolak ukur untuk peningkatan peradaban sebuah daerah,” sebutnya.

Maman berpandangan, rencana pembangunan jaringan pipa Trans Kalimantan sangat realistis. Sebab pasokan gas sudah tersedia di wilayah Natuna yang sangat berdekatan dengan Kalimantan Barat.

“Gas ini, bisa kita ambil dari Natuna. Di sini (Kalbar) bisa kita bangun gas processing-nya untuk kita regasifikasi kembali. Jadi kita bisa angkut. Tidak usah lewat pipa. Tapi bisa lewat kapal. (Kalbar) tempat yang menurut kita paling representatif,” tutupnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *