Ratusan Bendera Merah Putih Hiasi Batas Negara di Entikong

Pengibaran bendera merah putih di perbatasan RI-Malaysia, Entikong. (Ist)

SANGGAU, insidepontianak.com – Ratusan  bendera merah putih, dan umbul-umbul berjejer rapi di perbatasan wilayah Indonesia di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Suasana itu terlihat jelas, jelang momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Pemasangannya mulai dilakukan sejak 1 Agustus 2020 oleh personel Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif R 641/Bru.

Bacaan Lainnya

Dansatgas Pamtas Yonif R 641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka  menyambut HUT Kemerdekaan RI yang jatuh 17 Agustus mendatang. Selain itu, sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang telah mengorbankan tenaga, pikiran, harta bahkan nyawa untuk melepaskan diri dari penjajahan.

Meski HUT Kemerdekaan RI tahun ini dilalui di tengah pandemi Covid-19. Namun, tak  menyurutkan semangat Satgas Pamtas memeriahkannya. Salah satunya dengan  pemasangan bendera dan umbul-umbul yang sejak 1 Januari telah dilakukan sampai dengan  31 Agustus 2020.

“Selain itu, kami juga akan mengisinya dengan perlombaan-perlombaan yang tidak mengharuskan physical contact,” jelas Kukuh.

Kukuh mengajak semua instansi, ormas, LSM, badan usaha perorangan maupun kelompok dan seluruh masyarakat turut serta menyemarakkan kemerdekaan bangsa dengan mengibarkan bendara  merah putih selama satu bulan penuh di perbatasan. Namun dia berpesan agar pemasangannya dilakukan dengan memperhatikan  ketentuan yang ada sesuai UU No. 24 Pasal 7 Tahun 2009 tentang Bendera.

“Jangan lah kita mengibarkan bendera yang tidak sesuai ketentuan. Terlebih memasang bendera yang sudah luntur atau lusuh dalam memperingati pengorbanan para pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *