Spesialis Pencuri Rumah Kosong di Ketapang Terancam Tujuh Tahun Penjara

Pelaku saat diamankan polisi. (Ist)

KETAPANG, insidepontianak.com – Jajaran Polsek Benua Kayong, Polres Ketapang berhasil menangkap spesialis pencurian rumah kosong dan warung yang kerap meresahkan warga, sejak beberapa bulan terakhir.

“Pelaku IN ini merupakan residivis dengan kasus pencurian dengan pemberatan. Dan merupakan warga Kelurahan Kauman, Benua Kayong. Ditangkap Sabtu 1 Agustus 2020 sekitar pukul 12.20 WIB di rumahnya di Kelurahan Kauman,” terang Kapolsek Benua Kayong, Kanit Reskrim Aiptu Hadi Irawan, Minggu (2/8/ 2020).

Kasus ini terungkap berawal dari laporan Polsek Delta Pawan pada tanggal 26 Juli 2020. Terkait kasus pembobolan rumah warga yang terekam CCTV.  Gerak gerik pelaku diketahui saat beraksi sehingga petugas langsung mencurigai pelaku adalah IN.

Anggota Polsek Delta Pawan dan Polsek Benua Kayong langsung menyelidiki IN yang dicurigai sebagai  pelaku.

IN pun akhirnya ditangkap di rumahnya. Saat digeledah, petugas menemukan sejumlah barang bukti hasil kejahatan berupa satu dompet berisi kartu pegawai dan kartu ATM milik korban, satu unit chainsaw mini  dan satu tabung gas Elpiji 3 kg.

“Tanpa perlawanan pelaku diamankan petugas,” katanya.

Pelaku telah sering beraksi di seputaran Kecamatan Delta Pawan dan Kecamatan Benua Kayong. Modusnya menyasar rumah kosong yang ditinggal pergi oleh pemilik rumah.

“Pelaku sendiri akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancama pidana paling lama tujuh tahun penjara,” ujarnya. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *