Pertamina Jelaskan Penyebab Antrean Elpiji Subsidi di Kalbar

Sales Area Manager Pertamina Kalbar, Weddy Surya.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sales Area Manager Pertamina Kalbar, Weddy Surya Windrawan menjelaskan antrean gas subsidi yang sempat terjadi dikarenakan Pertamina tengah melakukan penataan. Pasalnya, banyak ditemukan indikasi pangkalan yang nakal.

“Jika memang ada pangkalan yang melakukan kesalahan akan ditindak. Kemudian karena new normal yang bertepatan dengan Iduladha sehingga permintaan meningkat,” katanya.

Bacaan Lainnya

Di sisi lain, antrean di satu tempat yang terekspos, memunculkan kepanikan masyarakat. Pertamina memastikan penyaluran sama, bahkan meningkat.

“Artinya tidak ada yang berubah namun karena masyarakat yang panik sehingga berakibat pada antrean,” katanya.

Sesuai undang-undang berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 26 Tahun 2009 tentang Pendistribusian Gas Elpiji, Pertamina adalah badan usaha yang ditugasi mengurus distribusi. Untuk pengawasan di lapangan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat.

“Jadi jika dikhawatirkan ada penyalahgunaan diminta untuk ada pengawasan bersama antara Pertamina dan pemerintah. Kami juga membutuhkan peran serta dari masyarakat dalam proses pendistribusian gas elpiji tiga kilogram,” katanya.

Weddy menjelaskan, Pertamina menyalurkan gas subsidi berdasarkan kuota yang diberikan Dirjen Migas. Biasanya pada akhir tahun dihitung berapa kebutuhan, kemudian awal tahun keluar.

“Berapapun yang keluar itulah yang didistribusikan Pertamina. Proses pengawasan di lapangan dibantu Pemda setempat,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *