Diduga Pengedar Sabu, Tiga Pelaku Diringkus Polisi di Ketapang

ilustrasi.

KETAPANG, insidepontianak.com – Polres Ketapang kembali berhasil meringkus tiga orang pelaku penyalahguna narkoba. Mereka adalah Rom (45), Har (33) yang merupakan warga Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, dan Is (37) Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Penangkapan ketiga pelaku ini berawal dari informasi dari masyarakat yang resah, karena di salah satu rumah pelaku yang berada di Kecamatan Tumbang Titi ini dicurigai sebagai tempat transaksi narkoba. Berangkat dari laporan tersebut pihak kepolisian melakukan penggeledahan. Dari hasil penggeledahan, pihak kepolisian berhasil mengamankan beberapa paket sabu siap edar, alat hisap dan rekap penjualan barang haram tersebut.

Bacaan Lainnya

Petugas mendapati pelaku Rom dan Is sedang berada di dalam rumah. Sedangkan pelaku Har tidak berada di tempat.

“Saat dilakukan penggeledahan, pelaku Rom tidak dapat mengelak dan menunjukan barang bukti berupa sembilan paket plastik bening berisi serbuk kristal diduga sabu dengan berat bruto 3,91 gram yang disimpan pelaku Rom didalam kaleng permen pagoda pastilles yang diletakan pelaku rom di bawah lemari dapur, ” terang AKBP Wuryantono, melalui Kasat Narkoba Iptu Anggiat Sihombing, Kamis (6/8/2020).

Selain itu petugas juga mengamankan dompet yang berisi uang Rp800.000 dari saku celana pelaku rom yang diakuinya merupakan uang hasil penjualan sabu sebelumnya.

Tidak sampai di situ, petugas pun melakukan penggeledahan di kamar pribadi pelaku Har dan didapati juga satu tabung seng warna merah yang berisi dua paket plastik kecil berisi bubuk kristal putih diduga sabu dengan berat bruto 9,95 gram, serta dua buah buku rekapan hasil penjualan sabu.

“Saat ditanya petugas, pelaku Rom mengakui bahwa ia dan pelaku Is merupakan suruhan pelaku Har untuk mengedarkan barang haram tersebut,” tambahnya.

Har sendiri sedang berada di Ketapang. Atas dasar info dari pelaku Rom, petugas langsung mengejar Har yang sedang berada di sebuah rumah di Kompleks Perumahan Manggis Permai, Jalan Karya Tani, Gang Pematang Manggis, Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang.

Tak lama berselang pada hari Rabu pagi 5 Agustus 2020 pukul 08.30 WIB, Har diamankan petugas. Saat dikonfrontasi dengan pelaku Rom dan Is, Har tak dapat mengelak dan mengakui perbuatannya mengedarkan sabu.

“Ketiga pelaku beserta barang bukti telah kita amankan di Rumah Tahanan Satuan Reserse Narkoba Polres Ketapang untuk selanjutnya menjalani pemeriksaan,” katanya.

Para pelaku akan menjalani tes urine serta akan kita lakukan uji barang bukti di Balai POM Pontianak. Ketiganya akan kita jerat Psl 114 ayat (1) dan atau Psl 112 ayat (1) dan ayat (2) atau Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *