Lacak Penularan dari Jatim, Penumpang Citilink Surabaya-Pontianak Jalani Swab Covid-19

SWAB - Penumpang Citilink rute Surabaya-Pontianak yang tiba 1 Agustus 2020, menjalani swab di Dinas Kesehatan Pontianak, Jumat (7/8/2020). ANDI RIDWANSYAH

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pontianak melaksanakan swab tes Covid-19 kepada penumpang pesawat Citilink QG 420 rute Surabaya-Pontianak, Jumat (7/8/2020) pagi. Pemeriksaan dilakukan untuk mentracing ketertularan para penumpang, pascaditemukannya kasus positif terhadap Ismail (42), penumpang asal Jombang, Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan, berdasarkan manifes yang diterima, ada 18 penumpang Citilink yang memiliki alamat Kota Pontianak. Namun, yang hadir hanya sembilan orang.

Bacaan Lainnya

“Jadi sembilan inilah yang berhasil kita swab. Sementara, lima di antaranya sudah kembali ke Palangkaraya melanjutkan perjalanan. Satu orang ke Ketapang, dan tiga orang tidak respon,” ujar Handanu, Jumat (7/8/2020).

Handanu mengatakan, Dinkes terus menelusuri tiga penumpang yang belum merespon pemeriksaan. Diakuinya kendala yang dihadapi, karena tidak ada nomor KTP dan alamat di manifes. Kendati demikian, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

“Untuk ketiga ini akan kita koordinasikan lagi dengan Dukcapil,” jelasnya.

Selain melaksanakan swab kepada penumpang maskapai Citilink, Dinkes juga akan melaksanakan pemeriksaan swab kepada para penumpang pesawat Lion Air rute Surabaya-Pontianak yang tiba di Bandara Internasional Supadio tanggal 1 Agustus 2020. Sebab seorang penumpang berinisial M juga dikonfirmasi positif Covid-19.

“Kita jadwalkan besok pagi, sebab jumlah penumpangnya cukup banyak sekitar 99 penumpang. Yang beralamat di Pontianak ada 35 orang,” terangnya.

Nantinya, usai dilakukan pengambilan sampel, Dinkes akan mengirim ke Laboratorium Universitas Tanjungpura untuk diperiksa.

“Kita prediksi dua sampai tiga hari ke depan akan keluar hasilnya,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *