Lepas Liar 5 Ribu Ikan Patin, Martin Ajak Masyarkat Jaga Ekosistem

LEPAS - Bupati Ketapang, Martin Rantan melepas liar lima ribu ikan patin di Sungai Jungkal, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Sabtu (8/8/2020).

KETAPANG, insidepontianak.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ketapang melepas liar lima ribu ikan patin di Sungai Jungkal, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Sabtu (8/8/2020). Bupati Ketapang Martin Rantan, bersama, Wakil Bupati dan Sekda Ketapang yang melepas liar ikan patin ini berharap dapat menambah kaya hasil ikan air tawar bagi masyarakat sekitar. Sekaligus mengajak masyarakat Tumbang Titi untuk dapat menjaga sungai, sehingga kelak dapat dinikmati anak cucu.

“Kita harus menjaga kelestarian biota sungai, agar tidak dituba, tidak disetrum, dan racun. Sehingga ikan-ikan dapat bertelur di sungai, ketika air pasang ikan dapat pergi ke danau dan ketika air surut ikan yang ada di danau dapat ditangkap,” harap Martin.

Bacaan Lainnya

Martin mengatakan, beberapa negara telah menerapkan kebijakan untuk melindungi biota sungai. Ikan yang ada di sungai dilarang untuk ditangkap. Hal itu dilakukan demi keberlanjutan ekosistem sungai yang kini mulai tercemar.

“Kalau di Jepang, di sungai-sungai di Tokyo ikan tidak ditangkap karena dilindungi pemerintah, ada juga di beberapa negara ikan di sungai tidak ditangkap, mereka makan ikan hasil budidaya. Ini yang akan kami pertimbangkan di Kabupaten Ketapang, khususnya di green area untuk kita menjaga ketahanan pangan ikan dan daging,” pungkasnya. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *