Lomba Desain Motif Corak Insang, Dekranasda Pontianak Siapkan Hadiah Puluhan Juta

KONFERENSI PERS - Ketua Dekranasda Pontianak, Yanieta Arbiastutie menjelaskan mekanisme lomba dalam konferensi pers Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang di Gedung UMKM Center Pontianak, Senin (10/8/2020). MAULANA YUSUF

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dekranasda Kota Pontianak menyelenggarakan lomba desain motif tenun corak insang dengan total hadiah puluhan juta rupiah. Lomba ini dibagi dalam dua kategori. Pertama, desain motif corak insang asli. Kedua, desain motif corak insang kreasi. Pemenang pertama, kedua, dan ketiga dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah Rp6,5 juta, Rp6 juta, dan Rp5,5 juta.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie mengatakan, tema yang diusung dalam lomba ini adalah ‘Corak Insangku, Ini Jati Diriku’. Melalui lomba ini pula, pihaknya ingin memperkenalkan corak insang khas Pontianak agar dikenal secara luas. Lomba dimulai tanggal 11 Agustus hingga 13 Oktober 2020 secara daring.

Bacaan Lainnya

“Tidak hanya di Indonesia tetapi juga mendunia,” ujarnya saat konferensi pers Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang di Gedung UMKM Center Pontianak, Senin (10/8/2020).

Panitia sengaja melangsungkan segalanya dalam bentuk daring sebagai bentuk protokol kesehatan. Mulai dari pendaftaran, wawancara hingga mentoring dilakukan secara daring atau online. Sedangkan technical meeting akan menggunakan aplikasi zoom. Meskipun di era new normal ada keterbatasan gerak, namun ide untuk berkreasi dan berinovasi seharusnya tidak ada batasnya.

“Selalu ada cara untuk tetap berkarya salah satunya melalui lomba secara daring ini,” ungkapnya.

Untuk motif tenun corak insang asli atau orisinil, peserta membuat desain motif tenun corak insang dengan motif orisinil. Sedangkan untuk kategori kreasi, para peserta diminta membuat desain motif corak insang dengan mengkreasikan ornamen-ornamen khas Kota Pontianak.

“Tenun corak insang ini kan merupakan tenun khas Kota Pontianak, yang asli tetap dipertahankan dan dilestarikan terus, sedangkan kreasi akan dikembangkan dengan tidak menghilangkan kekhasan corak insang itu sendiri,” jelasnya.

Dia berharap lomba ini mampu mencetak perancang-perancang yang inovatif dan kreatif. Selain itu juga membuka wawasan bahwa motif tenun corak insang bisa menjadi alternatif dalam berkreasi di bidang fesyen.

“Sehingga dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di era new normal,” pungkasnya.

Bagi peserta Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang wajib memfollow akun instagram Dekranasda Kota Pontianak dengan nama akun @dekranasdapontianak. Selanjutnya mendaftar pada pranala https://bit.lyLombaDesainMotifCorakInsang2020 mulai tanggal 11 Agustus hingga 13 September 2020. Format formulir desain motif juga dapat diunduh melalui pranala yang terdapat di bio Instagram @dekranasdapontianak. Penyerahan sketsa paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 13 September 2020 pukul 24.00 WIB. Pengumuman pemenang tanggal 23 Oktober 2020 bertepatan dengan Peringatan Hari Jadi Kota Pontianak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *