PKK Sanggau Wujudkan Desa Aman Covid-19 lewat Gerakan Setengah Miliar Masker

SERAHKAN - Ketua TP PKK Sanggau, Arita Apolina menyerahkan secara simbolis masker dalam sosialisasi Gerakan Setengah Miliar Masker, Senin (10/8/2020). PROKOPIM SANGGAU

SANGGAU, insidepontianak.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sanggau, Arita Apolina berkomitmen akan mewujudkan desa aman Covid-19 lewat Gerakan Setengah Miliar Masker yang digagas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Hal itu diutarakan usai pengarahan dari kementerian via teleconference di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Sanggu, Senin (10/8/2020).

“Tim Penggerak PKK secara berjenjang di tingkat kecamatan dan desa bisa bekerja sama dan mewujudkan sosialisasi penggunaan masker ini agar ada kesadaran oleh masyarakat bahwa masker adalah suatu kebutuhan,” katanya.

Dia pun mengintruksikan jajarannya untuk menjalankan amanah kementerian. Salah satunya mengadakan lomba aman Covid-19 yang berkaitan dengan 10 program PKK.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah mengeluarkan surat edaran tentang Gerakan Setengah Miliar Masker untuk Desa Aman Covid-19 pada 4 Agustus 2020 lalu. Dalam surat edaran itu, tertulis perintah untuk para kepala desa. Mereka diwajibkan melakukan pengadaan masker kain yang bisa dicuci sebanyak empat buah setiap warga. Dua masker dianggarkan melalui Dana Desa Bumdes, sedangkan dua masker melalui swadaya warga mampu (gotong-royong).

Desain masker berlogo HUT RI ke-75 dapat diunduh di www.kemendesa.go.id.

“Ditribusi dan sosialisasi masker dilaksanakan dari rumah ke rumah oleh ibu-ibu PKK. Gerakan dimulai sejak surat ini diterbitkan,” tulis surat tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *