Masuk Bulan Vitamin A, Bupati Muda Ajak Para Ibu Bawa Balitanya ke Posyandu

IMUNISASI - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang didampiingi Ketua TP PKK Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan saat meninjau pemberian vitamin A di Puskesmas Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap, Selasa (11/8/2020).

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Bertepatan dengan bulan Vitamin A, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengajak para ibu membawa balitanya ke Puskesmas dan Posyandu untuk mendapatkan suplementasi vitamin A. Kecukupan asupan vitamin A sangat penting bagi anak-anak dan ibu dalam masa nifas. Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang.

“Memang bulan Agustus ini merupakan bulannya vitamin A, makanya kita juga sudah programkan ini ke seluruh Puskesmas, Posyandu dan Pustu di Kubu Raya untuk memberikan vitamin A,” ujar Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan.

Bacaan Lainnya

Menurutmya, pemberian vitamin A kepada Balita penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi di tengah pandemi Covid-19. Untuk itulah, hal tersebut menjadi salah satu perhatian, yang dirangkaikan dengan program ‘Salju Terpadu’.

“Kita meminta masyarakat Kubu Raya untuk memberikan vitamin A kepada bayi dan anak usia bawah lima tahun (balita) dengan cara membawa anaknya ke Posyandu terdekat,” terang Muda.

Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan mengatakan, PKK memiliki peran penting dalam sektor kesehatan. Satu di antaranya di pokja empat yang mana para kader harus aktif untuk mendata dan mengetahui masyarakat yang mempunyai bayi maupun balita yang usianya 0 sampai 59 bulan untuk diberikan vitamin A. Dan juga anak remaja putri yang diberikan vitamin E.

“Karena ini merupakan satu di antara cara kita untuk menjaga anak-anak masa depan kita agar tetap sehat,” ungkapnya.

Untuk vitamin A yang berwarna biru, ditujukan bagi anak yang usianya 6 bulan sampai satu tahun. Sedangkan vitamin A yang berwarna merah untuk balita yang usianya satu tahun ke atas sampai usia lima tahun.

“Vitamin A ini manfaatnya untuk meningkatkan kelangsungan hidup anak, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, menurunkan angka kejadian dan keparahan dari diare dan campak dan melindungi mata dan penglihatan serta meningkatkan perkembangan tubuh anak,” terangnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *