Muda Mahendra: USG Portabel di Puskesmas Mudahkan Kontrol Kandungan

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan.(Dok.Prokopim Kubu Raya)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendra mengatakan banyak sekali manfaat adanya pemeriksaan USG portable di seluruh Puskesmas di Kubu Raya. Kondisi itu membuat dengan mudah mendeteksi dini kondisi dan kesehatan bayi di dalam kandungan.

“Banyak sekali yang tadi saya lihat catatan-catatan yang menampakan kondisi dan kesehatan bayi dalam kandungan bumil dan inilah manfaat besar USG portable yang tahun lalu Kubu Raya sudah memprogramkannya,” tuturnya.

Bacaan Lainnya

Dengan adanya USG portable itu, telah memberikan rasa tenang bagi bidannya, dokter, maupun bagi masyarkat sendiri. Karena jika denyut jantung bayi lemah, bahkan meninggal bisa langsung ketahuan. Di sisi lain, USG portable juga bisa mengetahui posisi bayi yang bokong, sunsang dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui lebih awal melalui alat USG itu, maka selanjutnya dapat melakukan rujukan ke dokter atau ke rumah sakit untuk meminimalisir risiko sunsang dan stunting.

“Tentunya kondisi itu merupakan ancaman yang harus segera bisa dilakukan langkah-langkah pencegahan dan penguatan agar lahirnya dengan kondisi sehat dan normal,” tuturnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *