Lapas Ketapang Berikan Remisi Hari Kemerdekaan untuk 300 Warga Binaan

Kalapas Kelas II B Ketapang Isnawan. (Fauzi/Insidepontianak.com)

KETAPANG, insidepontianak.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ketapang, mengusulkan remisi hari kemerdekaan terhadap 300 orang warga binaan.

Usulan tersebut diajukan pihak Lapas Kelas II B Ketapang pada tanggal  7 Agustus 2020 lalu ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat di Pontianak.

Bacaan Lainnya

“Jumlah napi dan tahanan yang saat ini menjalani pembinaan di Lapas Ketapang mencapai 579 orang. Padahal, idealnya kapasitas Lapas kita ini hanya menampung 200 orang,” terang Kalapas Ketapang, Isnawan, Kamis (13/8/2020).

Lanjutnya lagi, dari 579 jumlah narapidana yang diusulkan, ada sebanyak 300 napi yang mendapatkan remisi umum di HUT RI, 17 Agustus tahun 2020 ini.

“Dari 300 narapidana yang mendapat remisi, 268 orang di antaranya adalah laki-laki. Sedangkan napi Perempuan yang mendapatkan remisi 32 orang,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebelum diusulkan, pihaknya sudah melakukan seleksi terhadap narapidana calon penerima remisi, dengan berbagai pertimbangan.

“Narapidana yang diusulkan, harus berkelakuan baik atau tidak pernah terlibat pelanggaran. Selain itu, sudah menjalani hukuman sesuai dengan ketentuan,” tuturnya.

Untuk diketahui, keputusan pemberian remisi akan disampaikan kepada narapidana setelah upacara memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang dilaksanakan secara virtual dan terbatas sesuai protokol kesehatan.

Selain itu dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, pihak Lapas juga menggelar pertandingan diantaranya bola voli, tenis meja, lomba kebersihan kamar, karaoke, makan kerupuk dan balap karung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *