Sambut HUT RI ke 75, Rutan Sambas Usulkan Remisi 252 Narapidana

Karutan Sambas, Priyo Tri Laksono.

SAMBAS, insidepontianak.com – Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 75, sebanyak 252 narapidana pada Rumah Tahanan Negara kelas IIB Sambas diusulkan untuk mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman.

Karutan Sambas, Priyo Tri Laksono menerangkan remisi umum dibagi dua kategori. Pertama remisi umum 1 (RU1), yang diberikan kepada narapidana yang sudah memenuhi persyaratannya dan diberikan tiap tahun pada tanggal 17 Agustus. Kedua, remisi umum 2 (RU2) untuk narapidana yang tepat pada tanggal 17 Agustus setelah dikurangi masa hukuman (remisi) langsung bisa bebas.

Bacaan Lainnya

“Saat ini yang diusulkan remisi umum dari Rutan Sambas sebanyak 252 orang, yang mendapatkan remisi umum 1 (RU1) sebanyak 250 narapidana dan remisi umum 2 (RU2) sebanyak 2 narapidana, namun karena belum bayar subsider jadinya masih menjalani sisa subsidernya di dalam,” terang Priyo, Kamis (13/8/2020).

Priyo menambahkan ada beberapa syarat untuk narapidana mendapatkan remisi. Misalnya minimal berkelakuan baik selama enam bulan dan tidak dalam hukuman disiplin. Sehingga remisi ini juga sebagai reward bagi narapidana yang berada di rutan atau lapas.

“Dalam pemberian remisi ini, kita lakukan persiapan dengan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat yang mana pemberian remisi pada setiap tanggal 17 Agustus ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Daerah dan kemungkinan besar akan dihadiri Bupati Sambas dan semua unsur Forkompinda,” katanya.

Akan tetapi, lantaran di tengah pandemi Covid-19, teknis pelaksanaannya sesuai dengan protokol kesehatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *