BP2TD Mempawah Telat Pasang Umbul-umbul, Wakil Rakyat Sebut Keteledoran Luar Biasa

Anggota DPRD Mempawah, Subandio.

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Kabupaten Mempawah baru memasang umbul-umbul kemerdekaan 13 Agustus atau setelah 12 hari tidak terpasang. Hal itu menuai kritik dan saran dari anggota DPRD Kabupaten Mempawah, Subandio.

“Menurut saya ini adalah keteledoran yang luar biasa, sebagai instansi pemerintah tentunya jiwa nasionalisme lebih tinggi,” katanya.

Bacaan Lainnya

Subandio mengatakan, instansi vertikal merupakan bagian dari pemerintah yang harus menjadi panutan masyarakat khususnya di Kabupaten Mempawah. Keteledoran ini tentu akan mencoreng lembaga tersebut.

“Jika ada instansi yang disebutkan tadi (BP2TD) Mempawah tidak memasang umbul-umbul, itu sangat tidak elok sekali, dan itu juga mencoreng nama instansi,” kata wakil rakyat Fraksi PKB tersebut.

Subandio mengimbau, semua pihak baik itu masyarakat atau instansi perkantoran yang belum memasang bendera atau umbul-umbul harus segera memasang.

“Bagi yang belum itu diharapkan segera karena sudah dekat hari puncak 17 Agustus,” katanya.

Subandio menjelaskan, imbauan memasang bendera mulai 1 Agustus sampai 31 Agustus sudah disampaikan secara nasional. Seharusnya instansi harus lebih sensitif menanggapi hal tersebut.

“Kalau kita melihat, sekarang jiwa nasionalisme kita sudah tidak ada lagi, tidak menghargai pejuang. Kita tidak ikut angkat senjata, cukup berpartisipasi dengan memasang bendera dan umbul-umbul saja sudah bersyukur,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, setelah 13 hari berjalan di bulan Agustus, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Kabupaten Mempawah baru memasang umbul-umbul memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75.

Pemasangan umbul-umbul tersebut jauh dari edaran Bupati Mempawah, Erlina Ria Norsan yang selaras dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Di mana seluruh instansi, perkantoran dan masyarakat diimbau memasang bendera serta umbul-umbul mulai dari 1 Agustus sampai 31 Agustus 2020.

Di Kabupaten Mempawah, masyarakat sangat antusias memasang bendera, dan umbul-umbul demi memeriahkan HUT RI. Bahkan toko-toko retail dan gang sempit, juga memasang umbul-umbul. BP2TD baru memasang umbul-umbul, Kamis (13/8/2020) sore.

Seorang veteran pejuang di Kabupaten Mempawah, Abah Munsri pun meneteskan air mata.

“Dulu saya ditugaskan menjadi pemikul kotak amunisi di perbatasan Indonesia-Malaysia, ketika itu kami mendapat perintah menghadang tentara Malaysia, dalam peristiwa Dwikora,” tuturnya.

“Kalau semua itu dianggap biasa-biasa saja, saya rasa bangsa ini sudah kehilangan harga diri terhadap para pejuang kemerdekaan,” sambungnya.

Dia terisak di ujung telepon. Tak terbayang kesedihannya. Jerih payahnya dan veteran lain tidak dihargai oleh salah satu instansi terkenal di Mempawah.

“Saya berani katakan, ini adalah kelalaian yang luar biasa, instansi tersebut harus diberikan teguran,” tutupnya. (yak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *