Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Gelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing

FOTO BERSAMA - Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Ketapang, Kalimantan Barat melaksanakan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat kabupaten di wilayah Kabupaten Ketapang di Nevada Hotel Ketapang Kalimantan Barat, Rabu (12/08/2020).

KETAPANG, insidepontianak.com – Dalam rangka memasuki Masa Tatanan Kehidupan Baru atau New Normal Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Ketapang, Kalimantan Barat melaksanakan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat kabupaten di wilayah Kabupaten Ketapang.

Rapat Timpora tersebut diselenggarakan di Nevada Hotel Ketapang Kalimantan Barat, Rabu (12/08/2020) dan dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang, Kepolisian, TNI, dan Kementerian/Lembaga terkait.

Bacaan Lainnya

Dalam laporannya Rudi Adriani menyampaikan rapat Timpora tingkat kabupaten ini sebagai sarana koordinasi dalam rangka melaksanakan pengawasan terhadap orang asing dan untuk menjalakan fungsi penegakan hukum keimigrasian di wilayah Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

“Sejak pembentukan Timpora tingkat kabupaten pada tahun 2017, Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Ketapang telah beberapa kali melaksanakan operasi gabungan di antaranya Pengawasan Orang Asing di Ketapang pada tahun 2018 dan Pengawasan Orang Asing di tingkat kecamatan Tumbang Titi dan Sukadana pada tahun 2019,” terang Rudi Adriani.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ketapang, Dersi mengatakan Timpora merupakan suatu wadah untuk meningkatkan koordinasi antarinstansi dan tempat untuk saling bertukar informasi dalam rangka deteksi dini, pencegahan dan penindakan berbagai pelanggaran yang berkaitan dengan lalu lintas dan keberadaan orang asing, khususnya di Kabupaten Ketapang.

“Dengan adanya rapat Timpora, diharapkan kerja sama instansi terkait lalu lintas dan keberadaan orang asing menjadi lebih efektif dan efisien dan untuk menghindari miskomunikasi antar instansi,” terang Dersi.

Rapat Timpora kali ini juga diberikan materi tentang Penguatan Sinergitas Timpora di masa tatanan kehidupan baru atau new normal yang disampaikan oleh Subandriani selaku narasumber dan JFT Analis Keimigrasian Ahli Madya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat.

Dalam pemaparannya, Subandriani menekankan bahwa pengawasan orang asing merupakan tugas bersama seluruh instansi yang melibatkan banyak pihak yang dimulai dari lingkungan Pemerintah Daerah, Kepolisian, TNI sampai dengan Kementerian/ Lembaga terkait.

“Oleh sebab itu diperlukan sinergitas antarinstansi sehingga pengawasan dapat dilakukan lebih maksimal dan sesuai dengan tujuan utama dibentuknya TIMPORA,” tutur Subandriani.

Diharapkan dengan pelaksanaan rapat Timpora tingkat kabupaten ini dapat semakin meningkatkan kerja sama dan koordinasi serta sinergitas antarinstansi terkait dalam pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayahnya masing-masing.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *